Upgrade Kualitasmu ditengah pandemi




GEMABUNGOFM, MUARA BUNGO (11/12) - Mitra Muda, Pandemi memang membuat ruang gerak kita terbatas. Banyak rencana penting yang tertunda entah sampai berapa lama. Namun, di sisi lain, pandemi juga memaksa kita untuk kreatif dalam menemukan solusi agar tetap produktif di tengah keterbatasan. Salah satunya adalah transformasi berbagai aktivitas kehidupan ke ranah digital.

Dan anak muda adalah sosok yang tepat untuk mengeksplorasi lebih dalam tentang kesempatan-kesempatan yang ditawarkan oleh dunia digital. Jadi, meski pandemi memaksa kita lebih banyak di rumah, kita tetap bisa meningkatkan kualitas diri lewat beberapa hal, Sehingga saat semua ini membaik, kualitas diri juga akan menjadi lebih baik. Berikut cara meng- upgrade kualitas dirimu. 

1. Meningkatkan skill yang sudah dimiliki. Ini saatnya membuat dirimu lebih ahli atas bidang yang sudah kamu kuasai



Bekerja di rumah memang tidak selalu lebih santai. Namun, setidaknya kamu tidak perlu mengalokasikan waktu untuk perjalanan. Yang biasanya sudah harus berangkat pukul 7 pagi agar tiba di kantor tepat pukul 9, sekarang punya waktu lebih di pagi hari. Di sinilah kamu punya waktu meningkatkan kemampuanmu. Misalnya, kamu yang dulu hanya senang membuat konten di media sosial, kini mulai merambah konten di dunia micro blogging. Siapa tahu bisa menjadi sumber penghasilan tambahan bukan?

2. Selain mempertajam skill-mu, bisa juga belajar ilmu baru. Punya berbagai macam skill akan selalu membantu



Belajar skill baru di luar yang sudah kita kuasai tidak pernah rugi. Semakin banyak skill yang kamu punya, semakin menarik pula lembaran CV-mu kelak. Dulu kamu tidak punya waktu untuk menghadari seminar atau workshop yang menarik perhatianmu. Sekarang, kebanyakan seminar dan workshop digelar secara online, sehingga bisa kamu ikuti dari mana saja. Selain itu, kamu juga bisa memanfaatkan berbagai kursus online di aplikasi belajar. 

3. Di masa ini, banyak berita-berita buruk yang bisa bikin mental tertekan. Belajar mengontrol stres bisa jadi modal menata masa depan.




Di masa pandemi, bukan hanya kesehatan fisik saja yang terancam, melainkan juga kesehatan mental. Ruang gerak yang terbatas dan kabar-kabar buruk yang seliweran di media bisa membuat kita tertekan. Kalau tidak diatasi dengan baik, hal ini justru akan mengganggu kesehatan mental. Karena itu, di masa ini kita bukan hanya diajak untuk lebih peduli soal kesehatan, melainkan juga mengenali diri dan mengendalikan stres.

Stress management yang baik akan sangat bermanfaat untuk kehidupan kita, dengan atau tanpa pandemi. Untuk mengendalikan stres, kamu bisa mencari hiburan misal dengan bermain game online, menonton film maupun mendengarkan musik. Beri waktu untuk dirimu setiap harinya untuk mengakses konten hiburan, misal mendengarkan musik di pagi hari, atau menonton drama seri sebelum tidur.

4. Masa pandemi memang berdampak pada kesulitan finansial. Tak ada salahnya mencoba bisnis yang minim modal untuk menambah penghasilan




Pandemi covid-19 memang menjadi pukulan finansial bagi banyak orang. Ada yang kehilangan pekerjaan, ada yang kehilangan setengah penghasilan. Tapi ternyata, pandemi juga memunculkan berbagai alternatif bisnis berbasis online yang cukup menjanjikan. Mulai dari layanan belanja sayur dan bahan makanan online hingga jasa pembuatan dan pengiriman parcel untuk hari raya.

Kamu juga bisa mulai berbisnis lho, untuk menambah penghasilan dan bahkan sebagai langkah awal berwirausaha. Sebagai pemula, kamu bisa memilih bisnis yang minim modal. Misalnya bisnis online shop yang menggunakan sistem dropship. Untuk jualan semacam ini kamu bahkan tidak perlu modal besar, selain paket data dan internet kencang supaya bisa seller yang fast response.(tya)









 

Lebih baru Lebih lama