BANJIR DI DESA PURWO BAKTI KABUPATEN BUNGO.

 

GemaBungoFM, Muara Bungo(13/01) – Mitra Muda, Intesitas hujan yang cukup tinggi di wilayah Kabupaten bungo dalam beberapa hari terakhir menyebabkan sungai batang tebo dan batang bungo meluap hingga menyebabkan banjir di beberapa titik.  salah satunya, di Kecamatan bathin III yang memiliki  8 Kelurahan/desa yaitu Air gemuruh, Lubuk benteng,  desa manggis, Purwo bakti, Sarana jaya, sungai binjai teluk Panjang dan Taman Agung.

 

Salah satunya Desa Purwo bakti yang terendam banjir setinggi lutut orang dewasa, menggenangi pekarangan,jalan,bahkan sampai masuk ke dalam rumah warga.

 

Foto rumah warga yang tergenang air


Menurut salah satu warga setempat, banjir terjadi pada Rabu, (13/01/2021) sekitar Pukul 03.00 WIB Dini hari  sehingga warga tidak dapat Meyelamatkan barang-barang berharga seperti kendaraan roda dua dan roda empat.


 Banjir ini merupakan banjir Tahunan yang sering terjadi, sebelumnya di purwo bakti sendiri sudah tergenang Air beberapa hari yang lalu dan kembali surut. Namun karna intesitas curah hujan dikabupaten Bungo tinggi, banjir kembali terjadi.


Beberapa akses jalan untuk Masyarakat tertutup dibeberapa titik yang mengakibatkan Masyarakat sulit Melakukan Aktivitasnya. Dan saat ini warga setempat masih memilih untuk bertahan didesa mereka.karena banjir Tahunan Ini tidak berlangsung lama, Biasanya banjir berdurasi 8 jam dan akan surut sendiri jika cuaca Panas. 



foto akses jalan masyarakat yang digenang air

 

Beberapa warga memanfaatkan situasi banjir sebagai ladang mata pencarian dengan mencari ikan di beberapa titik  sungai yang meluap, hasil tangkapan Ikan ada yang dijual kepasar dan dikomsumsi sendiri.

 (son)


 

 

Lebih baru Lebih lama