PERINGATAN HARI PERS NASIONAL!!!JURNALIS BERPERAN PENTING DALAM KEMAJUAN BANGSA.

Gema BungoFM, Muara Bungo (09/02) - Mitra muda, Hari Pers Nasional (HPN) diselenggarakan setiap tanggal 9 Februari bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Persatuan Wartawan Indonesia, didasarkan pada Keputusan Presiden Nomor 5 tahun 1985. 

Hari Pers Nasional 2021 mengangkat tema "Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan".


Keputusan presiden Soeharto pada 23 Januari 1985 menyebutkan bahwa pers nasional Indonesia mempunyai sejarah perjuangan dan peranan penting dalam melaksanakan pembangunan sebagai pengamalan Pancasila. 


Dewan Pers kemudian menetapkan Hari Pers Nasional dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Penyelenggaraannya dilaksanakan secara bersama antara komponen pers, masyarakat, dan pemerintah khususnya pemerintah daerah yang menjadi tempat penyelenggaraan. 


Landasan ideal HPN ialah sinergi. Sinergi antar komponen pers, antara komponen pers, masyarakat dan pemerintah, seperti tergambar pada untaian pita (umbulumbul) yang membentuk huruf HPN.

Tidak bisa dipungkiri wartawan atau jurnalis memiliki peran penting dalam kemajuan bangsa bahkan dalam proses perjuangan kemerdekaan


Tahun ini Jakarta menjadi tuan rumah HPN 2021 dengan menjaga protokol kesehatan dan perbedaan dari HPN sebelumnya, dari sisi pelaksanaan yang akan dihelat secara virtual mengingat masih dalam keadaan pandemi.




(Ndy) 
Lebih baru Lebih lama