Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

MANFAAT BUAH KURMA BAGI KESEHTAN TUBUH MANUSIA

Rabu, 14 April 2021 | 12:33 WIB Last Updated 2021-04-20T03:22:34Z
Radio Gema BungoFM ( 14/04 ) - Mitra Muda, Ketika di bulan biasa jarang sekali kita menemukan buah kurma melimpah di supermarket atau di pasar, berbeda saat bulan Ramadhan buah kurma seakan menjadi buah yang wajib untuk di jual. Mulai dari bentuknya, jenisnya hingga harganya beragam di pasaran.
Kurma menjadi suatu kesatuan yang rasanya sulit di pisahkan,buah asal Timur Tengah ini sangat pas di sajikan sebagai cemilan utama saat buka puasa, rasanya yang khas juga membuat buah ini memiliki banyak penggemar. Apakah anda adalah salah satunya?

 
  Kurma memiliki manfaat kesehatan yang sangat melimpah. Kandungan nutrisi yang lengkap dari kurma membuat banyak orang gemar mengkonsumsi buah yang satu ini. Tak heran, kurma kerap di identikkan dengan segala kondisi salah satunya ketika hendak berbuka puasa.

Berikut ini adalah 6 alasan mengapa kurma menjadi makanan terbaik saat Ramadhan

1. Memulihkan Energi
   Sebanyak 100 gram kurma mengandung kira-kira 277 kalori. Setelah mengonsumsi buah ini, otomatis tenaga Anda juga akan segera kembali pulih.Untuk itu, kurma sangat cocok di konsumsi sebagai makanan pembuka saat berbuka puasa. Setelah seharian penuh menahan haus dan lapar, buah ini mampu mengembalikan tenaga anda.

2. Mempermudah Buang Air Besar
  Kurma kaya akan serat, sehingga mencegah penyerapan kolesterol jahat (LDL) dalam usus. Buah ini juga mampu mempermudah proses buang air besar. Saat puasa, Anda tidak mendapatkan asupan apa pun selama kurang lebih 12 jam.  Nah, kandungan serat pada kurma akan membuat usus Anda lebih nyaman, sehingga kotoran yang menumpuk dapat bergerak keluar dengan lebih mudah. Bahkan, untuk anda yang sering mengalami sembelit atau konstipasi, kurma memiliki efek yang signifikan untuk mencegah dan mengatasi keluhan tersebut.

3.Menangkal Radikal Bebas

    Kurma mengandung senyawa Antioksidan Polifenol Flavonoid. Kandungan tersebut berfungsi, untuk mencegah terjadinya infeksi dan peradangan di dalam tubuh akibat paparan radikal bebas.

4. Menguatkan Indra Penglihatan
  Kurma adalah sumber vitamin A mengandung 149 IU per 100 g yang sangat penting untuk fungsi penglihatan Anda. Sehingga, fungsi penglihatan anda akan tetap terjaga dengan baik, meski tak mendapat asupan selama 12 jam atau lebih saat berpuasa.

5. Menurunkan Risiko Stroke dan Jantung Koroner
  Kurma sangat kaya akan potasium. Zat ini merupakan komponen penting dari sel dan cairan tubuh, yang membantu mengatur denyut jantung serta tekanan darah. Dengan demikian, kurma dapat melindungi Anda dari stroke dan jantung koroner di kemudian hari.

6. Menunjang Proses di Dalam Tubuh

  Kurma memiliki kandungan mineral yang melimpah, seperti kalsium, mangan, tembaga dan magnesium. Kalsium merupakan mineral penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi, serta di butuhkan oleh tubuh untuk kontraksi otot. Mangan di gunakan oleh tubuh sebagai kofaktor untuk enzim antioksidan. Tembaga di perlukan untuk produksi sel darah merah, Sementara magnesium sangat penting untuk pertumbuhan tulang.
Nah Itu Dia Manfaat Dari Buah Kurma, Semoga Bermanfaat Menambah Pengetahuan Untuk Teman teman mitra Muda.





(In)
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada