5 GUNUNG DI SUMATERA YANG WAJIB UNTUK DI KUNJUNGI PARA PENDAKI GUNUNG, DAN PECINTA ALAM


    Radio GemaBungo FM, Muara Bungo (06/07) Mitra Muda –
Saat ini Peminat Hiking di Indonesia semakin bertambah. Ditambah lagi untuk mendapatkan informasi mengenai destinasi wisata terbaik untuk hiking semakin mudah. Setiap pecinta alam khususnya pecinta hiking seakan berlomba-lomba untuk menaklukkan puncak gunung bahkan tak jarang bersedia menerima risiko besar untuk menaiki gunung yang ekstrim. Bagi kalian pecinta hiking, Berikut 6 Gunung paling indah di Sumatera yang wajib di coba.


1. Gunung Seulawah Agam

    


    Gunung Seulawah Agam merupakan salah satu gunung di Sumatera yang masi aktif di Provinsi Aceh yang termasuk ke dalam hutan lindung. Meskipun masih dalam kondisi aktif, Gunung Seulawah Agam mampu menarik perhatian banyak orang baik wisatawan lokal maupun Mancanegara.  Dengan ketinggian mencapai 1800 meter, Puncak Gunung Seulawah Agam tampak gagah dan menawan menjulang tinggi seperti sebuah tiang pondasi langit. Hal itu yang paling menarik dari Gunung Seulawah Agam adalah Suasana alamnya yang masih asri bagaikan sebuah hutan yang hanya dipenuhi tumbuhan dan hewan. Dengan keindahan alamnya gunung ini sangat cocok menjadi target pendakian anda selanjutnya.

 

2. Gunung Peuet Sagoe 



    Gunung Peuet Sagoe merupakan sebuah gunung berapi di Sumatera yang masi aktif. Lokasinya terletak diwilayah Meureudu Provinsi Aceh. Gunung ini menjulang tinggi mencapai 2789mdpl. Dengan ketinggian tersebut, gunung ini tampil menyaingi gunung Seulawah Agam. Gunung ini termasuk dalam Kawasan ekosistem Ulu Masen seluas 750.000 hektar yang meliputi 6 wilayah kabupaten yaitu Bireuen, Pidie, Pidie jaya, Aceh besar, Aceh Jaya, dan Aceh barat. Keunikan gunung Peuet Sagoe terletak pada bagian puncaknya yang sebanyak 4 puncak, di bagian utara dan selatan terdapat 3 puncak yang satu diantaranya merupakan puncak tertinggi (2.780mdpl). sedangkan di sebelah timur terdapat 1 puncak yang memiliki sebuah kawah bulat dengan diameter mencapai 100m dengan kedalaman mencapai 50m.

 

3. Gunung leuser

    


    Taman Nasional Gunung leuser terletak di dua provinsi yaitu nangro Aceh Darussalam dan Sumatera Utara. Bahkan Luas taman nasional Gunung Leuser telah mencakup lebih dari 100 Kilometer pergunungan bukit Barisan. Sebagai salah satu gunung tertinggi di Sumatera Utara dan Aceh, yaitu mencapai 3.466 mdpl, taman nasional Gunung leuser kini telah ditetapkan sebagai cagar biosfer oleh UNESCO yang kemudian dijadikan sebagai Kawasan penelitian, budidaya, pariwisata serta rekreasi.


4. Gunung Dempo



 Sekarang kita beralih ke Wilayah selatan di Pulau Sumatera yaitu Provinsi Sumatera Selatan. Daerah yang terkenal dengan makanan Khasnya “pempek” ini juga memiliki satu Gunung terindah yang banyak diminati wisatawan yaitu Gunung Dempo. Meskipun menjadi satu-satunya destinasi wisata gunung di Sumatera Selatan, Gunung Dempo tidak akan mengecewakan wisatawan yang berkunjung.

 

5. Gunung Kerinci

  


     Gunung Kerinci merupakan Gunung yang berasal dari Provinsi Jambi tepatnya di Kabupaten Kerinci. Kawasan Gunung Kerinci tampil dengan berbagai jenis hutan yang tumbuh disepanjang lerengnya seperti hutan Dipterokarp bukit, Dipterokarp atas, Montane dan Ericaceous atau dikenal dengan hutan Gunung. Untuk mencapai Puncak Gunung, anda harus melewati hutan tersebut terlebih dahulu.

    Alasan kenapa Gunung Kerinci menjadi salah satu gunung di Sumatera yang paling indah adalah terdapat sebuah danau di puncak gunung yang dikenal dengan nama Danau Kaco. Kata “Kaco” artinya “kaca”. Nama tersebut mencerminkan keindahan danau yang mana airnya sangat jernih. Bahkan anda bisa melihat dasar danau dari atas tanpa bantuan alat sekalipun. Disamping itu , gunung Kerinci memiliki ketingian mencapai 3.805 mdpl. Ketinggian Gunung Kerinci Menjadi tantangan tersendiri bagi wisatawan untuk mencapai puncaknya.

 

Diantara 5 Gunung di Pulau Sumatera diatas, mana yang pernah atau yang ingin kalian Kunjungi?

 

*In

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama