Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Dinosaurus Mini Dari Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku Utara

Senin, 30 Agustus 2021 | 10:58 WIB Last Updated 2021-09-07T05:32:06Z

   
Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (30/08) Mitra Muda –
Di kawasan Taman Nasional Aketajawe Lolobata, Halmahera, Maluku Utara Terdapat sebuah reptil bernama Hydrosaurus Amboinensis atau Soa-soa layar.

Hydrosaurus Amboinensis atau Soa-soa Layar dan Spinosaurus 

     Reptil ini mempunyai bentuk fisik mirip dengan iguana dan komodo, hanya saja dia memiliki keunikan di bagian mata, yakni bewarna biru. Warga penduduk asli maluku utara menyebutnya dengan nama Soa-soa layar dengan nama ilmiah hydrosaurus amboinensis, habitat alami nya berada di dekat air tapi juga suka memanjat pohon tinggi.

    

Satwa mirip dinosaurus berjenis spinosaurus ini juga sering disebut dengan nama Sigon (Salfin Dragon). Dalam sebuah laporan pusat Biologi Lembaga Ilmu pengetahuan Indonesia, Reptil ini merupakan jenis yang dilindungi karena memiliki penyebaran yang terbatas.

Soa-soa Layar atau Hydrosaurus Amboinensis

    Meski demikian Soa-soa layar umum dapat dijumpai di Halmahera, terutama di sekitaran aliran sungai, Muara dan Mangrove. Hewan yang masuk dalam kelompok agamid herbivora ini aktif di siang hari. Dia sering terlihat berjemur di atas bebatuan dan pohon mati di pinggir sungai.


Sedangkan pada malam hari, Soa-soa layar biasanya tidur di dahan pohon yang berada di dekat sungai atau danau.

    Soa-soa layar umumnya tersebar hanya di Maluku. Namun, kadal jenis ini juga dapat ditemukan di Pulau Togian dan Buton (Sulawesi), Ambon, Seram, Bacan, Ternate, Halmahera, Waigu (Papua Barat) dan Filipina.

Hydrosaurus Weberi

    Jenis Hydrisaurus Lain yang ada di Ternate dan Halmahera adalah Hydrosaurus Weberi, namun demikian selama dua bulan survey lapangan, tidak dijumpai satu individu pun.

 


*In


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada