Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Insomnia ? Nih ada 4 Tips Agar Terbebas dari Gangguan Susah Tidur atau Insomnia

Selasa, 14 September 2021 | 01:38 WIB Last Updated 2021-09-14T15:56:49Z


    Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (14/09). Mitra Muda – Pasti Kalian pernah dong mengalami susah tidur pada malam hari atau sering disebut dengan Insomnia.

    Ada berbagai cara mengatasi susah tidur atau Insomnia sebagai salah satu gangguan tidur. Pasalnya , susah tidur dapar menimbulkan berbagai dampak negatif pada Kesehatan, termasuk stres berkepanjangan. Sehingga tidak aneh jika orang yang kurang tidur cenderung mudah merasa marah, setres, dan kelelahan secara emosional. Oleh sebab itu Kali ini Admin akan membagikan tips dan cara agar kalian bisa bebas dari gangguan tidur atau insomnia.


1.  Mengatur Jadwal Tidur secara Bertahap

   

Jadwal Bangun Pagi

         Kalian mungkin ingin segera memiliki waktu tidur yang optimal. Namun, sebaiknya kalian melakukan penyesuaian waktu tidur seara bertahap agar lebih mudah menjalaninya. Sebagai salah satu contoh, jika kalian terbiasa tidur hanya empat jam dalam sehari, tambahkan lama waktu tidur sedikit demi sedikit secara bertahap. Tak hanya itu , cobalah untuk mempertahankan jam pergi tidur dan jam bangun tidur. Cara ini cukup efektif untuk mengatasi insomnia.


2.  Menciptakan Suasana Nyaman Sebelum Tidur

           

Mematikan Cahaya Yang terang

    

    Cara lain yang bisa kalian lakukan untuk mengatasi stress akibat susah tidur adalah dengan menciptakannya suasana yang nyaman pada area tidur. Sebagai contoh , membersihkan dan merapikan kamar sebelum pergi tidur. Nah, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menciptakan suasana nyaman dalam kamar, seperti :


            * Upayakan Suhu kamar selalu dingin dan pastikan kamar dalam suasana tenang.

            * Matikan Cahaya yang terang, termasuk non-aktifkan alarm serta Notifikasi pada                         ponsel kalian.

            * Hindari melihat jam saat hendak tidur atau saat terbangun tengah malam

            * Hentikan segala aktivitas setidaknya satu jam sebelum tidur, lalu lakukan rutinitas            sebelum tidur


3.   Menghindari beragam gangguan sebelum tidur

          

Mematikan Ponsel

  

    Ini bisa juga menjadi cara mengatasi stress akibat susah tidur. Salah satu gangguan terbesar yang mungkin tidak kalian sadari adalah penggunaan elektronik. Tentu saja, siapa yang tidak suka bermain ponsel sambal rebahan, atau menonton TV sambal bersantai di tempat tidur ?

Sayangnya, kebiasaan tersebut justru berpotensi membuat kalian semakin banyak pikiran, stress dan menjadi sulit tidur. Lebih baik, persiapkan waktu tidur dengan membuat tubuh rileks dan menciptakan suasana yang mendukung untuk tidur nyenyak.


4.   Mendengarkan Musik santai

           

Mendengarkan Musik Rileks

    Salah satu cara untuk mengatasi susah tidur ialah dengan mendengarkan music santai agar tubuh menjadi rileks. Cara ini biasa cukup ampuh dan kebanyakan menggunakan lagu atau backsound kicauan burung dan suara gemercik air di pegunungan dengan durasi sau- dua jam. Namun ada juga yang lebih suka dengan lagu-lagu Acoustic untuk me-rileks an tubuh dan pikiran.

Nah itu dia Beberapa tips yang dapat admin Sampaikan di kesempatan kali ini, semoga Tips-tips di atas dapat membantu kalian dalam mengatasi susah tidur di malam hari....😉😉



*In

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada