Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Teh punya efek samping? 6 Efek dari Mengonsumsi Teh Secara Berlebihan ini Perlu Diwaspadai

Senin, 04 Oktober 2021 | 13:57 WIB Last Updated 2021-10-04T06:57:53Z


 

    Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (04/10) Mitra Muda – Teh menjadi minuman favorit penduduk bumi karena rasanya yang menyegarkan. Di pagi hari, biasanya kita membuat segelas the hangat untuk menemani saran. Di siang hari, es teh juga sangat cocok untuk menghalau udara panas. Bahkan di malam hari, segelas teh hangat biasa diminum untuk menemani kalian bersantai Bersama keluarga. Namun, tanpa disadari terkadang kita terlalu banyak minum teh tanpa mengetahui apa akibat yang bisa timbul setelahnya.

 

    Teh memang memiliki banyak manfaat untuk Kesehatan, diantaranya membantu menurunkan tekanan darah, membantu menurunkan berat badan dan meningkatkan metabolisme. Meskpun begitu, teh jika dikonsumsi berlebihan juga bisa menimbulkan efek samping untuk Kesehatan.

    Apa saja sih efek samping dari minum teh yang berlebihan? Yuk, mari kita simak penjelasan efek sampingnya di bawah…

 

            1.    Gangguan tidur bisa menghampiri meskipun tubuh sedang dalam kondisi Lelah


Gangguan Tidur efek samping dari Kafein berlebihan


    Sama seperti kopi, the juga mempunyai kandungan kafein yang cukup tinggi. Dalam secangkir the hitam dan the hijau, terdapat kurang lebih 40 miligram kafein didalamnya. Meskipun kandungan kafeinnya tidak sebanyak kopi, tetapi apabila kalian mengonsumsinya secara berlebihan maka bisa berisiko mengalami gangguan tidur. Efek samping minum the di malam hari bisa menyebabkan kalian sulit terpejam atau terbangun tengah malam disaat tubuh sudah kelelahan.

 

2.  Memicu cemas, gelisah, hingga stress.


Rasa cemas dan gelisah berlebihan dapat memicu stres


Efek dari kebanyakan minum teh selanjutnya adalah bisa memicu timbulnya rasa cemas, gelisah, hingga stress. Efek itu bisa timbul karena kandungan kafein yang masuk kedalam tubuh dalam jumlah yang berlebihan. Untuk menghindarinya, kalian harus mengetahui aturan minum teh dengn memperkirakan jumlah kafein didalamnya. Batas konsumsi kafein adalah dibawah 200 miligram sehari, untuk mencegah efek kebanyakan dari minum the kalian harus mengurangi kebiasaan dalam minum teh.

 

3. kafein di dalamnya bisa menimbulkan Heartburn, atau Rasa perih dan terbakar didada

Nyeri di dada yang disebabkan kafein yang berlebihan

           


    Untuk yang memiliki masalah pada lambung, sebaiknya kalian tidak meminum teh secara berlebihan kafein didalam the ternyata juga bisa memicu isi lambung yang asam naik menuju kerongkongan. Akibatnya, muncul sensasi perih dan terbakar di dada yang biasa disebut dengan Heartburn. Kafein yang masuk ke tubuh dalam jumlah berlebihan juga bisa merangsang produksi total asam lambung menjadi berlebihan,

 

4. Tak hanya Kopi, Ketergantungan juga bisa muncul jika mengonsumsi teh secara berlebihan

            

      

Ketergantungan Mengonsumsi teh secara berlebihan 
dapat membahayakan tubuh.

 

    Ketergantungan tidak hanya timbul karena mengonsumsi kopi saja, efek samping ketergantungan juga bisa muncul karena minum the manis ataupun pahit. Kafein didalamnya berisiko menimbulkan ketergantungan jika tidak mengonsumsinya. Gelaja ketergantungan itu bermacam-macam, seperti sakit kepala, cepat marah, rasa Lelah, sapai peningkatan detak jantung.

 

5. Dapat Mengurangi Penyerapan Zat Besi.


Hindari meminum teh saat sedang jam makan.


            Selain kafein the juga memiliki kandungan senyawa yang disebut Tanin.  Tanin dalam the tersebut berisiko terikat dengan zat besi yang bisa memicu gangguan penyerapan mineral penting bagi tubuh. Maka dari itu, kita tidak disarankan untuk mengonsumsi the pada jam-jam makan.

 

6.  Menyebabkan sakit kepala atau Pusing

            

Sakit kepala dapat disebabkan karena mengonsumsi
Teh secara berlebihan

    Efek kebanyakan minum es teh atau teh hangat bisa menimbulkan sakit kepala atau pusing. Itu disebabkan toleransi dari kafein setiap orang berbeda-beda. Kalau kalian merasakannya disaat kebanyakan minum teh dalam waktu satu hari, maka jangan lupa untuk meminum air putih yang cukup, itu berguna untuk mengurasi efek dari kafein yang berlebihan.

 

Itu dia beberapa efek kebanyakan minum teh yang bisa timbul berbeda-beda setiap orangnya.

Meskipun banyak manfaatnya, minum teh setiap hari dalam jumlah yang banyak ternyata bisa menimbulkan beragam masalah Kesehatan, kalau begitu kita harus  mengetahui toleransi terhadap mengonsumsi teh secara berlebihan.

Nah, Mulai sekarang Kalian wajib mengatur dalam mengonsumsi teh agar tidak menimbulkan efek sampingnya. Kalau kalian,berapa gelas mengonsumsi teh setiap harinya?



*In

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada