Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

TIPS MENCEGAH RAMBUT KERING

Selasa, 05 Oktober 2021 | 10:50 WIB Last Updated 2021-10-05T03:50:28Z

  

 

Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (05/10) Mitra Muda –Seseorang bisa mengalami rambut kering apabila sedang berada ditempat yang bersuhu panas dan kering. Rambut yang terkena paparan sinar matahari yang berlebihan atau terlalu sering, serta kebiasaan berenang di kolam yang mengandung klorin atau di laut, juga menjadi salah satu penyebab rambut kering. Kurangnya produksi minyak alami menyebabkan rambut terlihat kusam, kering, rapuh dan mudah bercabang.

Rambut juga cenderung semakin rusak, rontok, dan sulit diatur. Lingkungan dan udara yang kotor perlu dihindari, karena dapat menghilangkan kilau asli rambutmu, efek pewarnaan rambut yang terlalu sering juga dapat menghilangkan kelembapan alami rambut. Berikut ini, ada beberapa tips untuk mencegah dan merawat rambut kering;


1.     Hindari lingkungan dan udara yang kotor


gambar hanya ilustrasi

Bukan hanya menyebabkan rambut menjadi kering, tapi kotoran juga dapat menyebabkan ketombe apabila tidak segera dibersihkan.


2.     Kurangi beraktivitas di bawa terik sinar matahari, kecuali sinar matahari pagi

Paparan sinar matahari juga bisa menyebabkan rambutmu kering. Selain itu juga dapat membuat merusak warna alami rambut. Jadi apabila tidak begitu penting, kurangi aktivitas diluar apabila sedang panas terik. Gunakan topi untuk melindungi rambut apabila diperlukan.

 

                                                                gambar hanya ilustrasi


3.     Jangan terlalu sering mewarnai rambut, dan hindari pemakaian alat styling yang berlebihan

   
gambar hanya ilustrasi

Pewarnaan rambut dapat mengurangi kelembapan alami rambut. Pemakaian alat styling yang berlebihan juga menyebabkan air di bagian akar rambut menguap dan memicu kerusakan pada 3 lapisan rambut, kartikula, korteks, dan medulla rambut.

 

4.     Jangan keramas terlalu sering

 

                                                                gambar hanya ilustrasi


Hal ini juga merupakan salah satu pemicu rambut kering. Kenapa demikian? Karena minyak alami rambut tercuci oleh shampoo, namun kita tinggal di Indonesia dengan iklim yang lembap dan melakukan aktivitas sehari-hari pun pasti berkeringat. Maka dari itu, lebih baik keramas setiap 3 hari sekali atau sesuai dengan jadwal keramas kalian tanpa harus sesering mungkin untuk keramas.

 

5.     Lengkapi nutrisi rambutmu agar tidak bercabang

 

                                                                gambar hanya ilustrasi

Untuk mencegahnya, lengkapi nutrisi rambutmu dengan menggunakan lidah buaya, minyak kelapa, minyak zaitun, alpukat dan telur. Bisa mengurangi rambut kering dari akar hingga ujung.

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada