Ikuti kegiatan panen cabe merah, Bupati harapkan kemandirian pangan di daerah

 


LPPL Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (30/03) Mitra Muda- Pemerintah Dusun Mangun jayo, kecamatan Muko-Muko Bathin VII, Kabupaten Bungo menggelar panen cabe merah di perkebunan Cabe Mangun Jayo Mandiri.


Hadir dalam kesempatan tersebu bet, Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME, Dandim 0416 Bute Staf ahli Bupati, asisten, Kepala dinas TPHP BUN Bungo, para kabid, PLT Camat Muko-Muko Bathin VII, Kapolsek, Danramil, ketua TP PKK Bungo, ketua GOW Bungo, serta para petani dusun Mangun Jayo.


Diawali dengan sambutan Plt Camat Muko-Muko Bathin VII Septian Arifin menyampaikan, terimakasih banyak kepada Bapak Bupati Bungo beserta rombongan yang telah sempat meluangkan waktu untuk panen Raya Cabe merah di Dusun Mangun jayo, Kecamatan Muko-muko Bathin VII.



"Disini saya sampaikan kepada Bapak Bupati Bungo, Dulunya masyarakat dusun Mangun Jayo merupakan petani, semenjak adanya tanaman cabai di Mangun Jayo ini petani kami beralih ke perkebunan,"Kata Septian Arifin. Rabu (30/03/2022).


Septian berharap ini dapat membangkitkan gairah kembali para petani khususnya di Kecamatan Muko-Muko tersebut, dan juga yang tetap di pertanian kami berharap tetap fokus dan istiqomah dan semakin meningkat panennya di kemudian hari.


Sementara itu Kadis TPH Kabupaten Bungo Muhammad Hasbi.,SP.,M.si dalam sambutannya menyampaikan Hari ini kita panen cabe di kelompok tani Mangun Jayo, ada seluas 1 hektar yang ditanam cabe merah bersama Bapak Bupati Bungo, Pak Dandim.


Di dusun Mangun Jayo ini  produksinya cabe nya sangat bagus  ada sekitar 6 ton penghasilan para petani cabe di Dusun Mangun Jayo ,ini merupakan salah satu kebun di kecamatan muko-muko Bathin VII  sekitar 10 hektar yang siap di gunakan untuk perkebunan, sedangkan untuk Kabupaten Bungo sendiri kita siapkan ada sekitar 30 sampai 40 hektar lahan,"Kata  Muhammad Hasbi.,SP.,M.Si.



Dirinya berharap kedepan tentunya kita diperintahkan terus hadir di masyarakat untuk terus memberi bantuan memompa semangat mereka, sehingga  luasan tanah dan cabe kita terus meningkat yang sekarang sudah ada 8 Kecamatan yang merupakan sentra dari komoditi hortikultura.


Di tempat yang sama Bupati Bungo H.Mashuri.SP.ME menyampaikan Dusun Mangun jayo ini merupakan satu-satunya sentral perkebunan yang mempunyai luas tanah yang subur untuk menanam perkebunan seperti cabe merah ini. 


Bupati berharap, pada masa yang akan datang akan terwujud kemandirian dalam pengelolaan tanaman pangan dan tidak tergantung dengan pihak lain.


Dengan adanya ini agar para petani dimaksimalkan dalam pengelolaannya. Jangan hanya panen cabe saja tapi bagaimana para petani  bisa mewujudkan ini semua menjadi salah satu sentra pertanian modern di Kabupaten Bungo"ucap bupati


(Ary)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama