Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

UAS menjawab kapan diwajibkan membayar zakat fitrah di bulan Ramadhan

Rabu, 20 April 2022 | 12:55 WIB Last Updated 2022-04-20T05:57:26Z
LPPL Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (20/04) Mitra Muda-Ustadz Abdul Somad menerangkan waktu diwajibkannya seseorang membayar zakat fitrah di bulan Ramadan. Melalui unggahan YouTube BELAJAR MENGAJI, menayangkan UAS yang sedang mengisi suatu kajian bertemakan Zakat.

Ia menjelaskan kapan diwajibkannya seorang muslim mengeluarkan zakat fitrah kala Ramadan. Menurut UAS, terdapat waktu yang diperbolehkan dan waktu yang diwajibkan.

Waktu yang dikatakan boleh ditunaikan, dilakukan sebelum malam takbir. Sedangkan waktu wajib, saat waktu magrib sampai khatib naik mimbar salat Idul Fitri.

"Siapa yang hidup di waktu dari menjelang waktu magrib hingga khatib naik mimbar, Ia wajib membayar zakat," jelasnya, dikutip Rabu (20/4/2022).

UAS juga memberikan contoh kasus tentang status membayar zakat bagi seorang muslim yang meninggal dunia. UAS menerangkan selagi saat meninggal tidak melebihi batas waktu wajib, maka tidak diperkenankan mengeluarkan zakat.


"Jika ada orang meninggal habis ashar pas hari raya, tidak membayar dia. Jam lima meninggal, tidak wajib. Jam enam meninggal, tidak wajib," terangnya.

Selain itu,UAS mengatakan apabila seorang muslim yang lahir di waktu wajib zakat maka diperkenankan untuk membayar.













(Ary) 
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada