Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Hari Raya ke-2,Ratusan masyarakat Lubuk Landai berziarah ke pemakaman

Selasa, 03 Mei 2022 | 14:54 WIB Last Updated 2022-05-03T07:54:21Z
LPPL Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (03/05) Mitra Muda-Tradisi turun temurun ziarah kubur sudah menjadi aktivitas masyarakat Dusun lubuk landai dan lima dusun pecahan(Ps.lubuk landai,sungai Gambir,tebing tinggi,sungai lilin, pematang panjang)Kecamatan Tanah Sepenggal Lintas setiap memasuki hari kedua lebaran Hari Raya Idul Fitri.

Pantauan, Ratusan warga setempat terlihat memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU) untuk melakukan aktivitas ziarah dan mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal dunia, sekaligus silaturahmi dengan sesama warga lainnya, Selasa (3/5/2022).

Sejak pagi hingga menjelang sore, masyarakat terus berdatangan memadati Tempat Pemakaman Umum (TPU). Dari beberapa kalangan Orang Tua, remaja, dewasa , hingga anak-anak hadir di Tempat Pemakaman Umun setempat.

Ustadz Adi menyampaikan dalam tausiyahnya bahwa pentingnya kita berziarah ke kuburan agar kita selalu ingat kematian,karna kematian tidak mengenal umur ataupun jabatan"ucapnya

Khairun saleh warga setempat menyebut aktivitas seperti ini sudah menjadi tradisi turun temurun warga, yang berlangsung setiap tahun memasuki Hari Raya Idul Fitri.

Dikatakan, Ziarah kubur dilakukan di hari kedua lebaran. Dengan melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya, pembersihan makam, membacakan yasin serta mendoakan sanak keluarga yang telah meninggal dunia.

“Alhamdulillah tradisi ini masih terus terjaga sampai saat ini. Dimana Ziarah kubur dilakukan setiap lebaran hari kedua, selain mendoakan sanak saudara yang telah meninggal dunia, ziarah ini juga sebagai ajang silaturahmi masyarakat,”ujarnya.

 
Dalam ziarah ini, tokoh masyarakat dan alim ulama dari dusun lubuk landai bersama masyarakat dan 5 dusun lainnya juga melakukan Ziarah keliling di beberapa Tempat pemakaman umum, dan makam tuo tengka yang berada di dusun lubuk landai











(Ary)
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada