Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

HARGA KARET DI BUNGO NAIK DRASTIS

Senin, 20 Juni 2022 | 11:07 WIB Last Updated 2022-07-13T20:25:51Z

GBNews, Muara Bungo - Mitra Muda, Harga getah karet di tingkat petani Kabupaten Bungo, Capai  Rp. 13.000 per kilogram.

"Ada kenaikan harga getah karet sebesar Rp500," ucap Fahmi Kepala Pasar Lelang Karet Dusun Pematang panjang,Kabupaten Bungo, Senin,(20/06/2022)


Dijelaskan fahmi dalam dua bulan terakhir harga getah karet di Pasar Lelang  berkisar antara Rp.11.800 sampai dengan Rp. 13.000/Kilogram.Kenaikan harga karet  terjadi setelah Lebaran.

Masih menurut fahmi "Harga getah karet ditentukan oleh kualitas getah yang di sadap petani, jika kualitasnya baik tentu harganya tinggi". Rentang harga getah karet yg baik bisa mencapai Rp.1000/kilogram.


Namun secara kualitas getah karet yang di sadap petani di daerah itu alami penurunan. Hal itu dikarenakan sebagian besar petani karet di daerah itu menggunakan bahan kimia untuk merangsang getah karet agar hasilnya lebih banyak.


Sementara bahan kimia tersebut mempengaruhi kadar kering karet (K3). Sedangkan K3  sangat mempengaruhi harga jual getah karet karena kualitas getah karet di ukur melalui K3.


Penggunaan bahan kimia oleh petani terhadap pohon getah karet tersebut dikarenakan produksi getah yang menurun karena usia pohon karet yang sudah tua. 


Maslan,salah satu petani karet yang sedang menjual hasil kebun nya mengungkapkan bahwa Harga karet saat ini sebenarnya tidak terlalu membantu ekonomi keluarga


" Harga karet memang sudah Diatas Rp.10.000 per kilogram,tapi harga tersebut tidak berbanding lurus dengan cuaca yang saat ini sudah masuk musim hujan,ditambah lagi banyak pohon karet dari petani kecil yang sudah menua sehingga sangat berpengaruh terhadap getah yang dihasilkan" ungkapnya


Dirinya juga berharap adanya campur tangan dari pemerintah untuk peremajaan kebun karet,jika tidak maka akan semakin banyak petani yang melakukan alih fungsi dari perkebunan karet menjadi perkebunan kelapa sawit.(Ary)


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada