Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Dua orang Rio dan Datin di kecamatan Jujuhan ilir resmi dilantik dan dikukuhkan gelar adatnya

Rabu, 24 Agustus 2022 | 15:09 WIB Last Updated 2022-08-24T08:30:57Z

Gbnews,Bungo-Dua orang Datuk Rio(kepala desa) dan seorang Datin di Kecamatan Jujuhan ilir resmi dilantik dan diambil sumpah jabatannya oleh Bupati Bungo,Rabu(24/08/2022)

pelantikan dan pengukuhan gelar adat dua orang Rio dan seorang Datin berlangsung di halaman Kantor camat Jujuhan Ilir,Kabupaten Bungo.


Adapun Dua orang Rio dan Seorang Datin yang dilantik dan dikukuhkan gelar adat Adalah :


1.Badri Gunawan Sebagai Datuk Rio Dusun Lubuk Tenam di beri gelar adat "Panglimo Mudo Setio Negeri"

2.M.Prayitno sebagai Datuk Rio Dusun Sari Mulya di beri gelar adat sebagai " Mangku Prajo"

3.Yuliana,S.Gz Datin Tepian Danto di beri gelar adat "Datin Rio Ali".


Asnawi,selaku Camat Jujuhan Ilir dalam laporannya menyampaikan pelantikan dan pengukuhan gelar adat ini merupakan puncak dari proses pemilihan rio serentak 2022,yang mana Dua orang  Rio dan Seorang Datin yang  dilantik dan di kukuhkan gelar adat ini di percaya oleh masyarakat dusunnya masing-masing


"Semoga dengan terpilihnya Rio/Datin ini,dapat memajukan Dusun nya masing-masing,baik di bidang pembangunan maupun di bidang SDM. Dan semoga para Rio ini kedepan dapat bersinergi dengan Pemerintah Kecamatan maupun Kabupaten dalam mewujudkan bungo maju dam sejahtera," harapnya.


Sementara itu Bupati Bungo H.Mashuri dalam sambutannya mengucapkan selamat atas dilantiknya Dua orang Rio dan Datin periode 2022-2028 yang baru saja dilantik dan dikukuhkan gelar adatnya di Kecamatan Jujuhan ilir.


"Kami yakin dan percaya bahwasanya Datuk Rio /Datin bisa memimpin di Dusun nya masing-masing bersama masyarakat untuk memajukan Dusun," ujar Bupati.


Di kecamatan Jujuhan Ilir ini sepertinya ada istimewa di bandingkan dusun-dusun yang mengikuti Pilrio serentak yang diadakan beberapa bulan yang lalu,karena di Kecamatan Jujuhan Ilir ini mempunyai satu-satu nya Rio dari  wanita yang di Lantik sebagai pemangku adat dusun tepian Danto yakni Datin Rio Yuliana,S.Gz.


"Semoga dengan menyandang gelar adat ini, Datuk Rio/Datin Rio bisa menjadikan hukum adat istiadat dengan sebaik-baiknya dan menerapkan di tengah kehidupan masyarakat Dusun" kata Bupati


Tampak hadir dalam kesempatan tersebut,Wakil Bupati Bupati Bungo,Anggota DPRD,Unsur Forkopimda,  kepala OPD,camat Se-kabupaten Bungo,Ketua TP PKK Kabupaten Bungo,Datuk Rio Se kecamatan Jujuhan ilir,Tokoh Masyarakat serta tamu undangan lainnya.

(Ary)

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada