Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Kasus perceraian di kabupaten Bungo tahun 2022 meningkat 10 Persen

Jumat, 07 Oktober 2022 | 09:14 WIB Last Updated 2022-10-07T02:20:40Z
Gbnews,Bungo-Kasus perceraian di Kabupaten Bungo,Provinsi Jambi mengalami peningkatan selama Tahun 2022,Ketua Pengadilan Agama Kelas II Kabupaten Bungo Roli Wilfa mengatakan,selama tahun 2022 dari bulan Januari hingga awal Oktober angka perceraian di kabupaten Bungo meningkat hingga 10 persen.

"Untuk kabupaten Bungo setelah melewati masa pandemi justru Angka perceraian semakin meningkat,data yang terhimpun di Sistem informasi penelusuran perkara (SIPP) Pengadilan agama Muaro bungo hingga 06 Oktober 2022 sudah sampai diangka kurang lebih 400 gugatan,jadi ada peningkatan  10% pada tahun ini,"Ucap Roli Wilfa,saat ditemui di Ruangannya,Kamis(06/10/2022)

Dia mengatakan dari berkas yang masuk, terdapat empat faktor dominan penyebab perceraian.pertama karena perselisihan dan pertengkaran terus-menerus sampai terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT).

Kedua karena masalah ekonomi rumah tangga.Misalnya saja suami tidak bertanggung jawab untuk memenuhi keperluan rumah tangga.

Ketiga salah satu pasangan memiliki sifat yang tidak baik seperti penjudi,pemabuk,peminum, pemakai obat-obatan terlarang/narkoba dan sedang di penjara.

Dan yang terakhir karena terjadi perselingkuhan.
"Pasangan yang mengajukan perceraian didominasi berusia yang relatif muda dengan usia 25-40 tahun hal ini didasari karna belum ada kestabilan dalam berumah tangga dan yang paling dominan yang minta cerai itu kebanyakan para istri,"Ujarnya 

Roli Wilfa menjelaskan dalam kasus perceraian biasanya sebelum disidang,pihak tergugat dan pengugat akan mengikuti mediasi.Jika di dalam mediasi tidak menemui titik temu maka sidang berlanjut hingga akhirnya keputusan.

“Kalau di mediasi ada titik terang maka akan dibuat akta perdamaian dan tidak ada perceraian.Kalau ini yang terjadi ada rasa kebanggaan tersendiri bagi kami karena bisa mendamaikan sekaligus menyelamatkan rumah tangga orang lain,”Jelasnya.

Reporter:Ary
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada