Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Jelang Nataru,Pedagang di Bungo prediksi Harga kebutuhan pokok akan melonjak naik

Selasa, 22 November 2022 | 12:42 WIB Last Updated 2023-08-09T05:14:20Z
Gbnews,Bungo-Harga bahan pokok di Kabupaten Bungo diprediksi mengalami peningkatan jelang momen natal dan tahun baru(Nataru).Walau saat ini harga bahan pokok di Kabupaten Bungo cenderung menurun.

Terpantau di pasaran harga Cabai merah turun drastis dari Rp 50 ribu per/kg menjadi Rp 25-35 ribu per/kg.Lalu cabai rawit merah kini harganya turun Rp 40 ribu per/kg dari harga sebelumnya Rp 70 ribu per/kg.

Komoditi bawang merah juga turun drastis dari Rp 42 ribu per/kg menjadi Rp 18-24 ribu per/kg. Bawang putih bongol juga turun harga menjadi Rp 17-20 ribu per/kg.

Menyusul harga cabai rawit hijau juga turun dari Rp 70 ribu per kg menjadi Rp 30 ribu per/kg.Sedangkan harga kentang normal di harga Rp 10 ribu hingga Rp 12 ribu per kg.

"Memang ada penurunan saat ini,tapi diprediksi bakal naik pada jelang Natal dan Tahun baru," ungkap Santi salah satu pedagang di pasar Atas,Selasa(22/11/2022)

Menurutnya,harga komoditi cabai dan lainnya mengalami penurunan sejak sebulan ini.Dirinya berharap agar harga bahan pokok di pasaran tetap stabil sehingga terjangkau oleh masyarakat.

Sementara itu Syofyan Ma'as kepala Dinas ketahanan pangan kabupaten Bungo menyebut bahwa tim satgas pangan di Kabupaten Bungo siap memantau gejolak harga bahan pangan di pasaran.

"Untuk saat ini,Alhamdulillah harga bahan pokok di kabupaten Bungo ada penurunan harga, Sebelumnya sama-sama kita ketahui harga bahan pokok melambung tinggi hingga sempat kabupaten Bungo mengalami inflasi,"Ujar Syofyan Ma'as

Dirinya menambahkan bahwa tim satgas pangan selalu mengontrol Harga bahan makanan pokok di pasar dan beberapa kali diadakannya Operasi pasar marah untuk masyarakat.

Terkait prediksi para pedagang tentang akan adanya kenaikan harga pangan menjelang Natal dan Tahun baru,Syofyan Ma'as minta kepada masyarakat untuk tidak terlalu khawatir,hal ini mengingat bahwa pemerintah daerah kabupaten Bungo Sudah menyiapkan beberapa solusi untuk mengatasi kelonjakan harga makanan pokok

"Pemerintah kabupaten Bungo Sudah bekerja sama atau MOU dengan beberapa daerah penghasil komoditi pangan seperti Cabai,Bawang merah,kentang ataupun beras,Dalam MOU tersebut dikatakan bahwa daerah penghasil komoditi pangan siap memasok kebutuhan dapur ibu-ibu yang ada di kabupaten Bungo hingga nantinya pasokan makanan pokok di Bungo tetap Stabil,Pemerintah juga sudah memberikan Subsidi tranportasi kepada para pedagang,hal ini dilakukan untuk mengantisipasi terjadinya kelonjakan harga pasar,"Tutupnya.(Ary)


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada