PHUBBING!!! DAPAT MENGANCAM KESEHATAN

 

stop phubbing!!

Gema BungoFM, Muara Bungo (26/02) – Mitra muda, Taukah kamu istilah kata phubbing?? 'phubbing merupakan kosa kata baru, kependekan dari 'phone snubbing'. Istilah ini berasal dari bahasa Inggris.kata ini diciptakan oleh Alex Haigh, mahasiswa Australia yang magang di perusahaan periklanan terkenal McCann di Australia.


 Ia kemudian direkrut menjadi pegawai tetap di sana.dan meluncurkan Film berjudul A Word is Born merekam keseluruhan proses penciptaan istilah baru ini dan menjadi iklan untuk Macquarie Dictionary Australia.


kata phubbing sendiri  masih asing di telinga kita, tapi sebenarnya kita sudah terbiasa melakukannya.. Phubbing adalah sikap mengabaikan seseorang yang berinteraksi dengan kita karena perhatiannya lebih tertuju pada ponsel.


waspada phubbing!!


Fenomena ini muncul bersamaan dengan semakin banyaknya ponsel pintar yang beredar.
Pada 2007, memiliki ponsel pintar kelihatannya tidak menjadi masalah. Namun, semakin lama dan semakin berkembangnya ponsel pintar timbul masalah sosial baru pada abad ke-21 ini.


Meskipun banyak orang di dunia terhubung satu sama lain, orang-orang di dunia nyata malah tidak terhubung dalam percakapan sehari-hari. Mereka lebih banyak mengacuhkan orang di depan mereka dan lebih memilih ponsel pintarny. Hampir semua orang melakukannya tapi saat perilaku ini menjadi isu besar tidak ada yang membicarakannya.


Perilaku phubbing mungkin tampak sepele. Namun, sejumlah penelitian menyimpulkan, phubbing dapat menurunkan kualitas relasi sekaligus kesehatan mental kita.


 

Phubbing membuat keterampilan kita untuk berinteraksi dengan orang lain berkurang. Mengirimkan pesan singkat kepada orang lain sembari melakukan percakapan langsung dengan orang yang berada di dekat kita dapat menurunkan kualitas komunikasi kita.



phubbing di mana-mana!!!


 

Selain itu, phubbing berdampak buruk untuk pernikahan karena menurunkan kepuasan seseorang akan hubungan mereka. Pasangan yang saling melakukan phubbing dalam interaksi sehari-hari juga punya risiko depresi lebih tinggi.

 


Ketika kita melakukan phubbing, orang yang berinteraksi secara langsung dengan kita dapat merasa ditolak, tidak dilibatkan, atau tidak penting. Andaikan memang kamu harus membalas pesan yang mendesak, lebih baik minta waktu sebentar kepada lawan bicara untuk sejenak membalas pesan. Setelah itu, taruh kembali ponsel mu

 


Nah, jadi mulai sekarang kurang-kurangi phubbing ya mitra muda!!!

 Kita fokus pada siapa yang berinteraksi langsung dengan kita dulu.

Yang virtual, apalagi media sosial, bisa ditunda nanti






(Ndy)

Lebih baru Lebih lama