Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

5 CARA MEMBUAT HAND SANITIZER ALAMI,1 MENIT JADI.

Jumat, 17 September 2021 | 09:58 WIB Last Updated 2021-09-17T03:02:51Z

 

Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (17/09) Mitra Muda Hand sanitizer kini menjadi salah satu barang yang selalu dibawa kemana-mana,sama halnya  seperti masker yang selalu kita gunakan. Hand sanitizer sebagai cairan yang digunakan untuk mengurangi infeksi pada tangan, formulasi berbasis alkohol yang digemari oleh banyak orang, karena dipercaya mampu membunuh 99,9 persen kuman.Kandungan alkohol telah digunakan di Eropa sebagai pembersih tangan sejak 1980-an dan masuk "Daftar Obat Esensial Organisasi Kesehatan Dunia".


Daripada  membeli Hand sanitizer dengan merogoh kocek, berikut cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah dari berbagai sumber alami.

 

1.     . Hand Sanitizer Alami dengan  Lemon


ilustrasi gambar (sumber google)


Cara membuat hand sanitizer sendiri dengan mudah dan aman dari bahan alami menggunakan buah lemon. Perasan air lemon sudah sejak lama dipercaya ampuh mengangkat kotoran dan sebagai pembersih.

Sifat asamnya serta fungsi anti bakterinya akan membantu Anda dalam menjaga kebersihan tangan. Pertemuan asam dari lemon dan garam akan menciptakan reaksi yang meningkatkan ion bebas hidrogen.

Langkah mudahnya, cukup Anda campurkan air perasan lemon, sedikit lemon, dan sedikit air dalam botol spray. Gunakan campuran air mujarab Anda ini sebagai hand sanitizer alami. Kandungan lemon yang mampu memutihkan kulit dan menjaganya dari bakteri.

 

 

2  Hand Sanitizer Alami dengan Lidah Buaya dan Minyak Esensial


ilustrasi gambar (sumber google)


Ini adalah cara termudah yang bisa kamu ikuti di rumah, Kamu bisa langsung mencampurkan kandungan lidah buaya ke dalam alkohol dan langsung menggunakannya.

Pastikan kandungan alkohol yang kamu gunakan lebih dari 60% agar efektif membunuh kuman di tangan. Kandungan lidah buaya berguna agar kulit kamu tidak kering.

 

 

3. Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Sirih dan Kulit Rambutan


                                                              ilustrasi gambar(sumber google)

Cara membuat hand sanitizer alami ini cukup mudah, Kamu hanya perlu menyiapkan daun sirih dan kulit rambutan yang kemudian direbus masing-masing untuk mendapatkan ekstraknya.Daun sirih bersifat sebagai antiseptik dan kulit rambutan bersifat sebagai antioksidan. Kulit rambutan juga bisa diganti dengan kulit manggis karena memiliki khasiat yang sama. Setelah itu, campurkan keduanya ke dalam botol spray sesuai selera dengan perbandingan sama rata. Tambahkan beberapa tetes minyak zaitun agar kulit tetap terasa lembut.

 


4.Hand Sanitizer Alami dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya


ilustrasi gambar(sumber google)

Cara Membuat Hand Sanitizer dengan Daun Kemangi dan Lidah Buaya kamu memerlukan daun kemangi dan lidah buaya. Daun kemangi bersifat sebagai antiseptik dan lidah buaya bersifat antioksidan. 

Kupas lidah buaya haluskan bersama daun kemangi menggunakan blender. Saring bahan tersebut untuk mendapatkan ekstraknya. Larutkan daun jeruk bubuk ke dalam sedikit air sebagai pewangi lalu campurkan ke ekstrak daun kemangi dan lidah buaya. Masukkan hand sanitizer ke dalam botol spray ukuran sedang. Hand sanitizer pun siap digunakan.

 

5.. Tea Tree Oil


                                                      ilustrasi gambar(sumber google)


Tea tree oil atau minyak pohon teh seringkali digunakan sebagai pencegahan maupun penyembuhan jerawat. Kandungan antibakteri dan antimikroba alaminya sangat baik dalam menangkal kuman, bakteri, dan virus.Tea tree oil sudah terbukti dan dipercaya khasiatnya selama berabad-abad. Masih dari kutipan yang sama, minyak ini juga mampu melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri.


Itu dia cara membuat hand sanitizer alami dirumah dengan mudah. bahan-bahan nya juga mudah untuk ditemukan. 

Tetapi perlu diingat, Katahanan Hand sanitizer alami tentu berbeda dengan produk kemasan yang dijual dipasaran. jika wangi dan warna Hand sanitizer yang kamu buat sudah berubah, segera buat yang baru. selalu jaga kebersihan dan kesehatan agar terhindar dari berbagai macam penyakit,ya! 

 

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada