Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

DIALOG SEHAT GEMA BUNGO BERSAMA dr. Islam Akbar Alam SpB. K.Onk.

Rabu, 02 Maret 2022 | 15:35 WIB Last Updated 2022-03-07T05:07:58Z

  


LPPL Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (02/03) Mitra Muda-Guna meningkatkan pelayanan di Rumah Sakit Umum Daerah Hanafie Muaro Bungo dan semakin memudahkan masyarakat  untuk mendapatkan penanganan yang sesuai terhadap penyakit  yang berkaitan dengan kasus Onkologi. kini, telah hadir dokter spesialis penyakit bedah onkologi di RSUD Hanafie Bungo.


Kali ini radio Gema Bungo berkesempatan berdialog langsung dalam talkshow Gema Sehat  yang dipandu Lia Permata Sari dengan narasumber dokter spesialis bedah ongkologi yaitu dr. Islam Akbar Alam SpB. K.Onk yang membahas mengenai kanker payudara.


Dalam dialognya, dokter Islam menyebutkan bahwa saat ini kanker payudara telah menjadi kanker No 1 di Indonesia setelah kanker rahim. Dengan jumlah kenaikan  6,9 persen pertahun. Sementara di provinsi  Jambi  terjadi penambahan 10 pasien setiap bulannya.  Kanker  payudara ternyata tidak hanya dapat di derita oleh kaum perempuan saja. Melainkan juga dapat terjadi pada pria. Disampaikan pula bahwa faktor yang menyebabkan kanker payudara terdiri atas faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal biasanya merupakan bawan genetik yang diwariskan oleh orang tua sementara gaya hidup, pola makan dan konsusmsi alkohol dapat menjadi penyebab munculnya kanker payudara yang disebabkan oleh faktor eksternal.


Yang juga wajib diwaspadai bagi wanita terkait kanker payudara adalah apabila telah haid saat berusia kurang dari 10 tahun, tidak pernah melahirkan, memiliki anak namun tidak memberikan asi kepada bayinya bisa menjadi salah satu penyebab timbulnya kanker payudara.  




Untuk mendeteksi kanker payudara sejak dini Dokter Islam menganjurkan agar kita melakukan SADARI (periksa payudara sendiri) dengan cara memperhatikan perubahan bentuk payudara  dan meraba apakah terdapat benjolan di bagian payudara. Gejala khas yang kerap ditimbulkan oleh kanker payudara umumnya terdapat benjolan di area payudara, keluar cairan dari puting,  perubahan bentuk payudara dan bahkan perubahan warna payudara serta kulit payudara berbintik seperti kulit jeruk. Jika dalam proses SADARI terdapat kejanggalan terhadap payudara maka disarankan untuk melakukan SADANIS (periksa secara klinis). Hal ini penting dilakukan agar penyakit kanker yang diderita mendapatkan penanganan yang sesuai.


Dalam penangangan kanker payudara di bagi beberapa tahapan yang berbeda atau dikenal dengan istilah stadium. Tindakan diawali dengan pengambilan sample terlebih dahulu untuk dapat menegakkan diagnosis. Jika kondisi pasien masih berada pada stadium rendah biasanya akan dilakukan tindakan kemoterapi yang bertujuan mematikan sel kanker. Namun jika sudah berada pada stadium tinggi maka  bisa saja dilakukan pengangkatan payudara. Dokter Islam menyebutkan jika setelah pengangkatan payudara pasien dapat melakukan rekonstruksi payudara jika diperlukan.


Kanker payudara bisa sembuh, tentunya dengan penanganan yang tepat dan deteksi dini. Semakin cepat di tangani maka kemungkinan untuk sembuh juga akan semakin besar. Dokter Islam menyarankan untuk menghindari resiko kanker payudara, maka kita perlu melaksanakan pola hidup sehat dengan diet seimbang, hindari asap rokok, berolah raga minimal 3 kali seminggu, istirahat yang cukup, den mengelola stress dengan baik.


Di akhir dialog dokter Islam menyampaikan kepada masyarakat bungo, apabila merasa mengalami indikasi seperti gejala penyakit onkologi (kanker) dapat melakukan pemeriksaan di RSUD Hanafie Muaro Bungo yang telah membuka pelayanan setiap hari senin hingga sabtu dari pukul 08.00- 12.00 serta  berkonsultasi langsung dengan dokter islam akbar alam SpB. K.Onk.









(eka anggeraini)

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada