Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Dihadiri Dirjen Kemendikbud,Wakil Bupati Bungo membuka secara resmi Festival Baselang tauh yang ke-IV

Rabu, 31 Agustus 2022 | 06:12 WIB Last Updated 2022-08-30T23:12:36Z
Gbnews,Bungo-Dalam rangka Kenduri swarnabhumi di Provinsi Jambi dan Sumatera barat,pemerintah Kabupaten Bungo kembali menyelenggarakan Festival Baselang Tauh yang ke-IV,Selasa malam(30/08/2022)

Festival Baselang tauh adalah festival yang menyajikan berbagai seni budaya Kabupaten Bungo,baik lagu daerah maupun tarian daerah Kabupaten Bungo.Selain itu,Festival ini Akan dilanjutkan dengan momen peringatan HUT ke-57 Kabupaten Bungo.

Kepala dinas pendidikan dan kebudayaan kabupaten Bungo menyampaikan laporan kegiatan ini merupakan Kerja sama Antara pemerintah pusat,provinsi,kabupaten/kota yang telah ditanda tangani secara bersama pada tanggal 14 Maret 2022 di kantor gubernur provinsi Jambi tentang festival swarnabhumi.

Undang-undang nomor 5 tahun 2017 tentang kemajuan kebudayaan melalui empat unsur yaitu perlindungan pengembangan pemanfaatan dan pembinaan kebudayaan 

"Baselang tauh yang ke IV ialah sebagai ajang kompetisi pada seni tradisi lagu daerah,kuliner tradisional dan olahraga tradisional dalam pelaksanaan pekan kebudayaan daerah kabupaten Bungo.,"Ujarnya.

Adapun di perlombakan dalam acara Baselang tauh ke IV ini diantaranya lomba lagu daerah,
Lomba olahraga tradisional Dan Lomba kuliner khas Kabupaten Bungo.

Sementara itu Gubernur Jambi yang diwakili oleh Staf ahli Gubernur jambi bidang ekonomi dan pembangunan,mengemukakan bahwa kebudayaan merupakan jati diri suatu bangsa, serta mengajak masyarakat untuk senantiasa menjaga dan melestarikan jati diri (kebudayaan) bangsa tersebut.

“Ditengah kemajuan teknologi,sangat penting untuk melestarikan budaya,Jangan pernah lupa dengan budaya daerah,Jadi apapun kalian nanti, sehebat apapun kalian nanti,jangan pernah melupakan budaya daerah,itu merupakan titipan orang-orangtua kita,generasi sebelumnya dan harus kita lestarikan,”Ucapnya.

Di dampingi Direktorat jenderal Kementerian pendidikan dan kebudayaan,Staf ahli Gubernur, Anggota DPRD dan Sekda Bungo,Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto membuka Secara  Resmi Festival Baselang Tauh Ke-IV  Tahun 2022, ditandai dengan pemukulan gong sebanyak 4 kali.

Wakil Bupati Bungo, H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd menyampaikan harapannya yakni agar festival tersebut dapat memotivasi generasi muda untuk melestarikan dan mengembangkan seni dan budaya daerah ditengah tantangan kemajuan zaman. 

"Lanjutnya Wakil Bupati Bungo mengungkapkan acara ini juga dirangkaikan dengan kegiatan kenduri swarnabhumi yang dinisiasi oleh pemerintah pusat,mudah-mudahan acara ini akan berlangsung dengan lancar dari awal sampai dengan akhir,"Pungkasnya.

Setelah membuka Secara resmi festival Baselang tauh yang ke-IV,Wakil Bupati Bungo menyerahkan piagam penghargaan Bupati kepada Guru dan Siswa SMPN 6 Tanah Sepenggal yang telah berhasil meraih Rekor Muri pada tahun 2022 dalam kegiatan kontributor peluncuran buku fiksi dan non-fiksi terbanyak se Indonesia.(Ary)
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada