Notification

×

Indeks Berita

Kesbangpol Bungo : Dana bantuan Parpol akan segera cair, ini jumlahnya

Rabu, 14 Juni 2023 | 12:32 WIB Last Updated 2023-06-14T05:33:01Z

Kepala BPBD & Kesbangpol Bungo. Foto : gemabungofm.com  / Ary


GBNEWS, BUNGO  - Demi meningkatkan kualitas partai politik (Parpol) dan mensukseskan Pemilu, Pemerintah kabupaten Bungo melalui Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Bungo akan memberikan dana bantuan untuk partai politik. 


Dana bantuan partai politik yang di tahun 2023 ini senilai Rp. 6.009.00 per suara.

Seperti diketahui suara yang ada di Parlemen Kabupaten Bungo (DPRD Bungo) berjumlah 192.790 jika dikalikan 6.009 per suara maka akan berjumlah 1,162.380.960 Milyar Rupiah. Sementara Parpol yang berada di parlemen saat ini berjumlah 13 Parpol. 

Saat Ditemui di ruang kerjanya, Kepala BPBD & Kesbangpol Kabupaten Bungo Zainadi mengatakan  pencairan dana bantuan parpol tahun 2023 akan segera dilaksanakan.

Dipaparkan oleh Kaban, partai politik yang berhak mendapatkan dana bantuan keuangan sesuai ketentuan peraturan perundang-udangan adalah partai politik yang meraih kursi di DPRD Bungo pada Pemilu 2019. Kemudian besarannya mengacu pada Peraturan Bupati Bungo adalah Rp6.009 per suara yang diperoleh .    

"Insyaallah dalam minggu ini dana bantuan untuk partai politik akan segera dicairkan, untuk jumlahnya kurang lebih 1 milyar, dana bantuan Parpol ini diperuntukkan 13 parpol yang berada di kursi DPRD Bungo," Ujar zainadi, Rabu (14/06/2023).

Zainadi  juga menjelaskan bahwa dana yang digunakan Parpol dimanfaatkan tergantung dari masing-masing Parpol itu sendiri. Tapi pihaknya akan terus memantau agar dana yang digunakan hanya untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM) masing-masing Parpol. 

" kami harapkan 60 % dana bantuan parpol ini dimanfaatkan untuk meningkatkan SDM para kader partai politik," Ungkapnya. 

Zainadi juga menjelaskan di 2023 ini sudah memasuki tahun politik dan dipastikan para Partai Politik akan memiliki berbagai macam kegiatan yang cukup banyak menjadi alasan dana bantuan Parpol untuk dicairkan. 

"Tahun 2023 sudah masuk tahun politik, partai-partai akan disibukkan berbagai macam kesibukan" Tutupnya. (Ary)
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada