Notification

×

Indeks Berita

Kasus ISPA meningkat, Dinkes Bungo ajak masyarakat untuk memakai masker

Senin, 09 Oktober 2023 | 14:29 WIB Last Updated 2023-10-09T07:29:36Z

Himbauan dari dinas kesehatan kabupaten Bungo. Foto: gemabungofm.com 


GBNEWS, BUNGO - Dampak dari cuaca ekstrem dan kebakaran hutan yang terjadi di beberapa daerah di Pulau Sumatera, khususnya di Kabupaten Bungo mengakibatkan banyak masyarakat menderita infeksi saluran pernafasan akut (ISPA). Bahkan jumlah kasusnya meningkat hingga 30%.


" dari laporan dinas lingkungan hidup kabupaten Bungo, kualitas udara di Kabupaten Bungo hingga saat ini berada di angka 105, berarti kualitas udara kita masih dalam kategori tidak sehat, hal inilah yang membuat kasus ispa meningkat, dari laporan bulan September kemarin, terdapat 700 kasus ISPA," Ujar safarudin mattondang, kepala dinas kesehatan Bungo, Senin (09/10/2023).


Dikatakan safarudin, dengan meningkatnya kasus ISPA, Dinkes Kabupaten Bungo telah memaksimalkan seluruh puskesmas kecamatan untuk penanganan kasus ISPA yang terjadi di masyarakat dan membagikan masker secara langsung 


" untuk korban yang paling banyak terkena ISPA ini terjadi kepada masyarakat yang usianya 5 tahun keatas dan dewasa," Ucapnya 


Kepala Dinas kesehatan tersebut juga menghimbau kepada masyarakat kabupaten Bungo untuk menggunakan masker saat beraktivitas di luar rumah. Konsumsi makanan dengan gizi seimbang, perbanyak minum air putih hangat.


" pada musim kemarau ini, ditambah adanya kebakaran hutan yang membuat udara tidak sehat, kami menghimbau kepada masyarakat untuk melaksanakan gerakan masyarakat hidup sehat, mengurangi aktifitas di luar, memakai masker, istirahat yang cukup, dan bila mengalami batuk segera datang ke dokter untuk berobat dan berkonsultasi,"tutupnya.


Reporter : Ary 






×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada