Pembukaan Gebyar dan Sarasehan “Gerakan Pendidikan Pemberdayaan Perempuan Mandiri (GP3M)

GEMABUNGO FM, MUARA BUNGO(30/11)-Mitra Muda, Pemerintah Kabupaten Bungo Melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Melaksanakan Gebyar dan Sarasehan “ Gerakan Pendidikan dan Pemberdayaan Perempuan Mandiri(GP3M) pada Senin 30 November 2020 yang bertempat di Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo pada pukul 09:00 wib, yang dihadiri oleh Direktorat Jendral Pendidikan Usia dini, PJS Bupati Bungo Akhmad Bestari,SH.MH, Ketua DPRD Bungo, Sekda Bungo, Kepala OPD, para Camat se-Kabupaten Bungo dan Tamu Undangan. 



 

Dalam sambutannya Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Masril menyampaikan tentang kegiatan GP3M Kabupaten Bungo tahun 2020 bahwa dasar dari kegiatan tersebut yaitu tentang Keputusan Rektur Pendidikan Masyarakat dan Pendidikan Khusus Direktorat Jendral Pendidikan anak usia dini, Pendidikan dasar, dan Pendidikan Menengah Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 1240/CB/HK/2020 tentang Pedoman Perasaan Anak. 

 

Masril juga mengatakan bahwa bantuan penyelenggaran Program Pendidikan Pemberdayaan Perempuan tahun 2020 dari Surat Keputusan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Bungo tentang panitia kegiatan sarasehan Program Pendidikan kebudayaan Perempuan Nomor 60 A Tahun 2020, Kegiatan GP3M ini diikuti oleh Lembaga PTPM dan satuan Pendidikan Non-formal atau SPNF SKB Kabupaten Bungo. 

 

“Waktu pelaksanaan kegiatan ini telah di laksanakan sejak tanggal 9 September sampai dengan 9 Oktober 2020. Kegiatan Pembelajaran dan Pelatihan dilakukan lebih kurang 66 jam dan pendampingan sekurang-kurangnya 2 bulan. Untuk Pembelajaran sudah tuntas dan puncaknya hari ini  tanggal 30 November 2020 “. Tuturan dari Masril . 

 

Masril juga menyampaikan bahwa pembiayaan kegiatan ini di biayai dari anggaran pendapatan pembelanjaan Negara yang tercantum dalam dipa satuan kerja direktorat pendidikan masyarakat dan pendidikan khusus tahun anggaran 2020 Nomor SP DIPA-023-03.1.666028/2020 . Masril berharap kepada para perempuan khususnya untuk ibu rumah tangga  untuk meningkatkan  terus kemampuan dan prestasi dengan usaha – usaha kacil . 

 

 

Dalam acara GP3M ini terdapat 405 peserta yang mengikuti kegiatan ini, Namun sesuai dengan kesepakatan, yang hadir dilokasi hanya 105 peserta, kurangnya jumlah hadir tersebut karena mengingat kondisi pandemi saat ini . 

 

Acara tersebut juga dilaksanakan secara zoom metting bersama Koordinator fungsi kesetaraan Dr.Subi sudarto yang menyampaikan tentang Program GP3M ini disandang oleh peran  perempuan yang sebagai pendidik yang utama. Beliau juga menegaskan bahwa perempuan adalah sebagai prioritas pemberdayaan perempuan yang akan meningkatkan produktivitas melalui kemampuan keterampilan fungsional dan meningkatakan kecakapan perempuan yang lebih trampil dan mandiri. 

 

Dr. Subi Sudarto juga mengatakan untuk kucuran dana pendidikan mendapatkan 100 juta, SKB mendapatkan 100 juta, PKBM mendapatkan 250 juta untuk 10 PKBM, jadi anggaran ini dilaksanakan oleh PKBM untuk melaksanakan pendidikan dan pemberdayaan perempuan. Dengan adanya kucuran dana ini para perempuan khususnya ibu rumah tangga bisa meningkatkan terus ekonomi keluarga. 

 

Dalam sambutan, PJS Bupati Bungo Ahkmad Bestari,SH.MH berharap perempuan harus menjadi garda terdepan dalam pembangunan maupun pendidikan, karena pembangunan di kabupaten bungo tidak berjalan dengan lancar tanpa peran perempuan . 

 

Acara ini di laksanakan melalui pendidikan untuk para perempuan di kabupaten bungo agar perempuan mandiri dan tidak bergantung pada suami, dan para perempuan akan sangat berperan dalam kehidupan .

 

(Ndy)


Lebih baru Lebih lama