APA SAJA KANDUNGAN VAKSIN?

 

GEMABUNGOFM, MUARA BUNGO (14/12) - Mitra Muda Vaksin merupakan jalan untuk mengakhiri pandemic Covid-19 yang saat ini melanda Dunia. Vaksin sendiri  merupakan campuran dari berbagai zat yang berfungsi untuk memicu pembentukan system imun agar kebal dari serangan penyakit berbahaya.


Maka dari itu kandungan vaksin sendiri merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin keefektifan vaksin. Untuk dapat melakukan itu, menentukan kandungan vaksin sangat penting. Secara umum vaksin memiliki kandungan yaitu Adjuvant, (Molekul pemberi “sinyal bahaya” untuk mengaktifkan sinyal tubuh), Antigen (bagian virus/pathogen yang menjadi target respon imun tubuh), Pengawet, dan Stabilisator.

 


Proses pengawalan vaksin sangat ketat dari awal sampai dengan produksi, izin edar, distribusi,dan pelaksanaan vaksinasi, karenanya vaksin sudah pasti dijamin keamanan dan efektivitasnya. Vaksin melindungi diri Melindungi Negeri.


Saat ini sudah 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac asal cina tahap pertama yang telah  tiba di Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta. Menteri Kesehatan RI, Terawan Agus Putranto mengatakan, 1,2 juta vaksin Covid-19 Sinovac  masih menunggu izin penggunaan oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). "Pemerintah hanya akan menyediakan vaksin yang terbukti aman dan lolos uji klinik.  Pemerintah pada 2020  cadangkan 35,1Triliyun untuk vaksinasi dan pengadaan vaksin dan penanganan Covid-19 capai Rp. 60,5 Triliyun.


 


Tetapi, dalam masa menunggu vaksin, kita harus tetap waspada dan Tetap mengingat pesan 3M memakai masker, Menjaga jarak, dan Menghindari kerumunan dan Mencuci tangan dengan sabun. Dengan menjalankan 3M akan melindungi diri sendiri dan orang sekitar kita.






(sondangnatalia)



Lebih baru Lebih lama