KEJADIAN PASCA VAKSINASI COVID_19


Mitra Muda,  Berdasarkan kajian Komite Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), semua reaksi pasca vaksinasi Covid-19 masih bersifat ringan dan tidak ada yang serius.

Pada konferensi pers virtual di Kemenkes RI  Senin sore, Ketua Komite Nasional Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (KIPI), Hendra Irawan, Kejadian Ikutan pasca imunisasi adalah semua kejadian  yang terjadi setelah imunisasi dan diduga berhubungan dengan imunisasi. 

Sejatinya tidak semua kejadian pasca imunisasi terkait dengan pemberian imunisasi, atau coinsident. Yang terkait dengan kandungan imunisasi karena komponen aktifnya, atau cacat produk.

Untuk menentukan kejadian ikutan pasca imunisasi adalah efek dari menerima imunisasi, lanjut Hendra Irawan, diperlukan kajian independen dengan anggota berbagai profesi yang berkompeten di bidangnya. Untuk itulah dibentuk Komnas KIIP yang diikuti  Komda di 34 Provinsi.

Pada forum yang sama, Juru bicara vaksinasi covid-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, sebagian besar dari tenaga kesehatan maupun juga masyarakat yang memperoleh vaksinasi  tahap pertama tersebut adalah mereka yang belum mendapatkan suntikan dosis kedua.

Nadia,  juga menjelaskan 40% kasus positif covid-19 adalah bergejala sementara 60% memiliki gejala yang sangat ringan bahkan nyaris tidak dirasakan sebagai gejala pada orang yang terinfeksi covid19.

Sedangkan masa inkubasi covid 19, 1-14 hari dengan rata-rata 5- 6 hari sebelum munculnya gejala, artinya  penyebab keterpaparan covid 19 sangat mungkin terjadi pada saat sebelum menerima vaksinasi. 

(press release kemenkesRI)
drp.
Lebih baru Lebih lama