LIMA CARA JITU MENGATASI NGANTUK DI SIANG HARI SAAT BERPUASA.

    GemaBungoFM, Muara Bungo (04/05) Mitra Muda – Selain adanya perubahan pola makan, puasa juga menyebabkan perubahan pola tidur. Terutama karena orang yang berpuasa harus bangun untuk makan sahur.

            Kondisi ini membuat sebagian orang merasa mudah ngantuk saat berpuasa, yang pada akhirnya mengganggu produktivitas saat beraktivitas.

Melansir dari berbagai sumber, berikut cara mengatasi ngantuk saat berpuasa yang dapat dipraktikkan :

1.    1.   Melakukan Power Nap (Tidur siang)

Tidur siang singkat

Meluangkan sedikit waktu untuk melakukan power nap atau tidur siang singkat untuk mengatasi ngantuk saat berpuasa.

Sebisa mungkin mengatur alarm 5-20 menit agar tidur tidak kebablasan. Sebab, tidur siang yang terlalu lama dapat membuat tubuh cepat lelah.

2.  2.  Berada di tempat sejuk

Dehidrasi bisa menimbulkan rasa kantuk dan kelelahan. Oleh karena itu, pastikan kita tetap berada di tempat yang sejuk selama berpuasa. Gunakan kipas angin atau pendingin ruangan jika memang tinggal di tempat dengan cuaca panas .

3.   3.  Cari pemandangan baru

Pemandangan taman

       Banyak pekerja yang menghabiskan waktunya berjam-jam diruangan yang sama ketika bekerja. Pola kerja ini bisa membuat mata cepat lelah dan pada akhirnya membuat tubuh menjadi    gampang lesu.

Untuk mengatasinya, cobalah mengalihkan mata ke pemandangan lain. Lakukan hal ini sesekali dan secara berkala.

Misalnya, kita bisa pindah ke luar ruangan dan jalan kaki sejenak untuk melihat pemandangan taman atau jalanan. Hal ini bisa membuat mata lebih rileks.

4.   4.  Cuci Muka

Mencuci wajah dapat menghilangkan rasa Ngantuk

    Ketika benar-benar merasa ngantuk, kita bisa pergi ke kamar mandi dan mencuci muka dengan air dingin.

Metode ini terbukti dapat membantu mengurangi rasa ngantuk ketika bekerja. Air dingin juga bisa membantu kita untuk rileks dan segar sehingga bisa lebih mudah kembali konsentrasi untuk bekerja. 

5.   5.  Main Game

bermain game dapat membuat rileks pada tubuh

     Bermain game bisa mengurangi stres dan memberikan suntikan energi ketika kita sedang mengantuk.

Ketika bermain game, otak kita tetap aktif dan tidak beristirahat tetapi berada pada kondisi yang tidak menimbulkan stres.

Hasilnya, Otak akan tetap terstimulasi tanpa terbebani begitu besar. Menonton video atau televisi serta mendengarkan musik juga bisa memberikan efek serupa.

Lebih baru Lebih lama