Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Penyebab dan Cara Mengatasi Laptop yang Mati Sendiri Saat Digunakan.

Kamis, 23 September 2021 | 14:08 WIB Last Updated 2021-09-23T07:08:22Z

 


    Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (21/09) Mitra Muda – Dari sekian banyak masalah yang biasa terjadi pada Gadget, Lapotop yang mati sendiri adalah yang paling menyebalkan dan kita tidak tahu apa penyebabnya. Sebalnya , karena aktivitas yang sedang kita lakukan tiba-tiba terhenti, belum lagi jika kebetulan kita sedang mengerjakan sesuatu dan belum sempat menyimpannya. Hal ini tentunya akan mengurangi produktifitas kita, baik itu menyelesaikan tugas atau pekerjaan.

 

Tidak jarang, seringnnya kita akan langsung menyerahkan laptop yang bermasalah ke tukang service karena malas mengulik apalagi membetulkan sendiri laptop tersebut.

    

    Menurut admin nih, alangkah baiknya kalian mengetahui terlebih dahulu penyebab kenapa laptop bisa mati sendiri. Kalau bisa mengatasinya sendiri tanpa harus ke tukang service , lumayan juga kan uangnya buat beli hal lain…


Nah kali ini admin akan berbagi tips penyebab kenapa Lapotop bisa mati sendiri.


1.    Suhu laptop yang terlalu panas (Overheat)




    Suhu laptop yang terlalu panas menjadi penyebab utama yang membuatnya mati sendiri secara mendadak. Menggunakan di atas tempat tidur ,Kasur, bantal, sofa, ataupun benda lain yang permukaanya tidak stabil membuat sirkulasi udara menjadi terganggu. Alhasil perangkat hardware didalam laptop pun ikut panas.

   

         Solusinya : Pastikan alas yang kalian gunakan rata dan keras sehingga tidak mengganggu sirkulasi udara pada laptop. Jika laptop masih cepat panas dan mati medadak, pakailah cooling pad atau kipas pendingin setiap kali menggunakan laptop.

 

2.     Kondisi laptop yang sudah berumur dan Pasta yang sudah mongering.



    

    Pasta prosesor berfungsi untuk menghambat panas dari prosesor menuju ke heatsink.

Heatsink sendiri merupakan logam dengan desain khusus yang terbuat dari alumunium dan juga tembaga yang berfungsi untuk memperluas proses transfer panas dari sebuah prosesor.


    Jika prosesor ini mongering, maka panas akan menuju ke heatsink dan berpengaruh pada prosesor yang dapat merusak komponen penting tersebut. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab laptop bisa mati sendiri atau bahkan kalian juga harus mengganti prosesor jika masalah ini terus dibiarkan.

       

         Solusinya : Bongkar sendiri Laptop yang kalian punya, ambil bagian prosesor kemudian oleskan pasta yang baru secara merata di bawah ipas prosesor. Harga pasta ini relative murah, kalian bisa mendapatkannya di toko computer terdekat.

 

3.     RAM Yang Kotor

            



    RAM yang Kotor Juga bisa menjadi penyebab laptop mati sendiri saat digunakan, meski posisi RAM berada di dalam laptop, namun tidak menutup kemungkinan debu dan kotoran bisa masuk dan mengotorinya. Atau, Kaki RAM yang berkerak karena usianya yang sudah cukup lama dan jarang dibersikan bisa menjadi penyebab utamanya.


    Mengingat posisi RAM yang penting sebagai tempat penyimpanan memori, maka kalian harus selalu memperhatikan kesehatannya.

   

         Solusinya :      Bersihkan Bagian RAM menggunakan penghapus agar tidak meninggalkan bekas. Lakukan ini secara teratur demi menjaga kebersihan bagian RAM, selain itu kalian juga bisa meng-Upgrade kapasitas RAM sesuai dengan Kebutuhan.

 

4.    Penggunaan Laptop yang Tidak Sesuai dengan Spesifikasinya

          


 

    Penyebab laptop mati sendiri biasanya karena kalian sering memakainya untuk bermain game, tetapi spesifikasinya tidak memenuhi hal tersebut. Alhasil, laptop tidak kuat dan bisa mati sendiri sewaktu-waktu digunakan. Sementara itu laptop gaming memiliki spesifikasi tersendiri yang memang khusus digunakan untuk gaming.

 

            Solusinya :      Gunakan laptop sesuai dengan spesifikasinya, jangan paksakan laptop standar utnuk aktivitas lain yang membutuhkan tenaga yang tinggi seperti game. Apabila kalian jenuh dan ingin bermain game di laptop, kalian bisa meng-instal game ringan yang dikhususnya untuk spesifikasi laptop standar.

 

5.     Crash akibat Install Program yang belum sempurna

            



    Biasanya ini terjadi karena Kondisi laptop yang lemot sehingga kalian saat sedang meng-Install program menjadi terganggu atau belum sempurna dan mengakibatkan laptop menjadi Crash.

    

    Masalah ini biasanya disebabkan oleh sistem operasi yang dapat mengakibatkan laptop mati sendiri.  Umumnya, saat laptop tiba-tiba restart dan tampilan layar monitor tiba-tiba mentok di boot-screen dengan tulisan “ntldr is missing” , atau “ bootmgr is missing” dan terkadang muncul peringatan “ please insert boot device” hal tersebut mengindikasikan bahwa ada masalah dengan partisi sistem, sehingga sistem operasi kehilangan kemampuan untuk memuat semua file sistem operasi.

    

        Solusinya :      Install ulang laptop kalian atau me-Repairnya sehingga tidak membutuhkan waktu lama untuk memulihkan sistem operasinya.

 

    Nah itu dia 5 penyebab dan cara mengatasinya apabila laptop kalian mati sendiri saat digunakan, apabila kalian tidak biasa untuk membongkat laptop sendiri kalian bisa meminta bantuan ke jasa service terpercaya. Semoga tips di atas dapat bermanfaat

 


*In

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada