Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Tips Jitu Membuka Usaha Angkringan , Auto Coba !!

Rabu, 08 September 2021 | 13:23 WIB Last Updated 2021-09-08T06:23:19Z

 


    Radio Gema BungoFm, Muara Bungo (08/09) Mitra Muda – Jika dulu angkringan Cuma ada di sekitar Solo dan Jogja, kini kalian dapat dengan mudah menjumpainya di kota-kota besar lain. Angkringan dikenal dengan menunya yang Sederhana dan relatif murah, kepopuleran angkringan makin hari terus meningkat. Tak hanya usia lanjut bahkan kini anak muda pun tidak segan untuk makan atau sekedar nongkrong di angkringan pinggir jalan.

    

Nah, mumpung peminatnya masih banyak, tidak ada salahnya kalian memanfaatkan kesempatan ini untuk dijadikan sebuah peluang usaha. Tidak usah bingung soal modal, karena untuk bisa membuka sebuah angkringan kalian cukup menggunakan uang senilai Lima Juta sudah lebih dari cukup. Berikut Tips buka Angkringan dengan modal sedang.


1.    Pilihlah Lokasi  yang sesuai dengan target pasarmu

            Contohnya, Tergetmu ialah Mahasiswa atau Karyawan, maka bukalah angkringan di sekitar kampus atau wilayah Kos-kosan.

    Apabila memang belum ada lahan kosong, kalian bisa membuka angkringan di pinggir alan yang memang mengizinkan untuk berjualan. Supaya tidak terkena razia petugas, pastikan Kalian sudah mengantongi Surat Izin Usaha.

 

2.     Penting juga untuk menentukan Konsep angkringan , mau dibuat sederhana atau kekinian.

           

    Apabila mau menggunakan Konsep sederhana, kalian hanya perlu menyiapkan gerobak kayu dengan tutup terpal saja. Misal masih ada lahan, siapkan juga tiker/ alas agar bisa dipakai untuk duduk lesehan. Kalau mau dibuat Konsep Kekinian, kalian bisa sediakan wifi gratis atau mengadakan hiburan musik akuistik setiap minggunya. Memang sih lebih effort, tapi cara ini akan membuat banyak anak muda tertarik loh!.

 

3.     Membeli barang yang akan dipakai untuk membuka angkringan.

 

            Apabila modal yang kalian miliki tidak banyak, usahakan untuk membeli barang yang memang dibutuhkan dulu, Misalnya gerobak, Kursi Kayu, dan terpal. Barang-barang selanjutnya bisa kalian cicil sedikit demi sedikit. Nah untuk alat masaknya, gunakan dulu alat yang sudah kalian punya dirumah

 

4.     Menentukan menu Spesial di Angkringan.

 

            Sebenarnya, makanan dan minuman di angkringan sangatlah beragam. Tapi, agar angkringan kalian punya ciri khas, cobalah buat menu khusus misalnya nasi sambel pete.

Atau, jika kalian tidak ingin menghadirkan menu yang berbeda, kalian bisa membuat makanan yang ada dengan rasa yang khas, contohnya seperti sambal teri masak lombok hijau.

Sebenarnya banyak triknya, tinggal pilih saja mana yang benar-benar khas

 

5.     Memperhatikan Kebersihan.

            Tidak perlu bagus, tetapi usahakan gerobak kalian tetap bersih dan tidak ada sampah yang berserakan. Karena sampah yang bertebaran bisa mengganggu kenyamanan pelanggan. Hal ini bisa membuat mereka berpikir dua kali untuk balik lagi. Usahakan juga area Jualan kalian bebas dari tikus dan kecoa yang sering berkeliaran di Jalan-jalan.

 

6.      Mempromosikan Angkringan.

           

    Kalian bisa melakukan promosi ke berbagai tempat dan cara, dari Media sosial sampai ke lingkungan sekitar kalian tinggal. Akan lebih mudah apabila kalian membuat Akun media sosial khusus untuk angkringa kalian, atau kalian juga bisa menggunakan akun media sosial pribadi dengan membagikan kegiatan dan makanan yang ada di angkringan. Agar lebih laris daftarkan angkringan kalian di jasa delivery makanan online, atau kalian juga bisa membuat jasa delivery sendiri.

 

    Meski sudah banyak angkringan di jalan-jalan, usaha ini tetap menjanjikan untuk dicoba. Apalagi kalau kalian mempunyai konsep dan cri khas mekanan yang cukup menarik. Memang membutuhkan usaha dan kesabaran yang lebih besar ketika awal buka, tapi lambat laun pasti pelanggan akan hafal dan sering berkunjung ke angkringan milik kalian.

Semoga Tips yang admid bagikan dapat membantu, dan semoga angkringan kalian sukses dan ramai , ya !


*In

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada