Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

CARA MENGATASI SMARTPHONE OVERHEAT

Kamis, 14 Oktober 2021 | 15:20 WIB Last Updated 2021-10-14T08:20:17Z

 


Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (14/10) Mitra Muda, Pernah nggk sih kalian mengalami smartphone lemot dan daya terkuras cepat? Atau ponsel panas?

Pastinya kalian pernah mengalaminya kan ya. Hati-hati, mitra mudaǃ ponselmu bisa saja mengalami overheating, salah satunya seperti kasus baterai meledak yang merupakan akibat dari overheating dengan pemanasan berulang.

Panas berlebih disebabkan oleh penggunaan prosesor dan baterai yang berlebihan, panas berlebih ini biasanya juga dipicu oleh arus listrik yang mengalir melalui ponsel saat memproses sesuatu. Penggunaan ponsel dalam jangka waktu yang sangat lama, seperti digunakan untuk main game, menonton film streaming juga dapat menyebabkan ponsel panas. Selain itu, jika situasi ini terus belanjut akan berpotensi merusak ponselmu.

Nah mitra muda dikutip dari laman kemenkominfo berikut ini adalah tips dan cara agar hp anda tidak Overheat.



1.      1, Istirahatkan ponsel ketika proses pengisian daya dengan kabel pengisi daya berkualitas baik

Pada saat pengisian daya hendaknya ponsel diistirahatkan terlebih dahulu. Kabel pengisi daya yang sudah rusak atau fungsinya kurang maksimal bisa mempengaruhi peforma dan kualitas smartphone. Maka dari itu, kita perlu memilih charger yang akan kita gunakan pada ponsel.

 







1.    2.  Batasi aktivitas ponsel yang memerlukan daya besar


Aplikasi yang bikin boros baterai bisa di cek di pengaturan, pilih menu baterai, lalu smartphone pun akan menampilkan aplikasi apa aja yang bikin baterai hp boros. Seperti digunakan untuk zoom meeting dan google meet.


2.      3. Turunkan tingkat kecerahan layar ponsel Anda




Melalui cara ini ponsel dapat menyesuaikan secara otomatis kecerahan pada layar yang disesuaikan dengan lingkungan sekitar. Jika ingin menyesuaikan secara manual, disarankan untuk mengatur kecerahannya dibawah 50%. Hal ini bertujuan agar ponsel yang digunakan tidak menguras banyak daya untuk menampilkan layar yang terang.

 



×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada