Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Kebiasaan Sehari-Hari Yang Mempercepat Penuaan Dini

Senin, 18 Oktober 2021 | 12:35 WIB Last Updated 2021-10-18T05:35:47Z

Mitra Muda-Penuaan memang hal yang pasti akan kita alami. Namun, setiap orang tentu berharap bisa awet muda. Nah, kita sebenarnya bisa memperlambat penuaan dengan mengubah gaya hidup.

Penuaan sendiri tak selalu terlihat di kulit, tetapi juga dimulai dari tingkat sel hingga penurunan fungsi organ. Berikut adalah kebiasaan sehari-hari yang perlu kita ubah untuk memperlambat datangnya penuaan:


1. Stres



Stres adalah musuh telomer, bagian kecil yang penting di ujung setiap untai DNA yang bertanggung jawab untuk melindungi kromosom.Secara alami telomer memang memendek seiring bertambahnya usia, namun stres kronis bisa mempercepat. Banyak cara untuk mengurangi stres secara sehat, mulai dari berolahraga, meditasi, cukup tidur, hingga meminta bantuan profesional jika rasa stres itu mulai mengganggu hidup kita.


2. Pola makan yang buruk



Konsumsi makanan yang tinggi lemak trans buatan pabrik, gula, dan makanan cepat saji yang diproses secara berlebihan adalah resep untuk mengalami penuaan dengan cepat.


3. Kurang tidur



Kebiasaan begadang adalah faktor lain yang menyebabkan peradangan yang merusak dan penuaan dini. Kurang tidur tidak hanya berdampak negatif pada kulit, tetapi juga dapat membuat kita terlihat lebih tua dari usia sebenarnya, itu juga salah satu penyebab penuaan fungsi otak. Orang dewasa yang sehat tidur antara 7-9 jam setiap hari, sementara remaja harus tidur antara 8-10 jam.


4. Terlalu banyak terpapar sinar uv



Terlalu banyak terpapar sinar UV adalah salah satu hal penyebab penuaan kulit. Walau sinar UVB diperlukan untuk produksi vitamin D, paparan berlebihan sangat merusak DNA dan sayangnya kerusakan berlanjut lama setelah kita tidak lagi berada di bawah sinar matahari.

Lindungi diri kita dengan mengenakan pakaian pelindung, memakai tabir surya, dan menghindari sinar matahari langsung selama jam-jam ketika sinar UV paling kuat.

 

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada