Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Sering terbangun tengah malam? NIH, Faktor Utama Penyebabnya

Senin, 01 November 2021 | 12:15 WIB Last Updated 2021-11-01T05:17:06Z

 

by : wajibbaca.com

Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (01/11) Mitra Muda – Menjaga Kualitas tidur merupakan hal penting bagi kesehatan tubuh. Namun, kualitas tidur dapat terganggu jika kalian sering terbangun di tengah malam.

 

Banyak orang sering tiba-tiba terbangun di malam hari atau lewat tengah malam karena merasa lapar. Ternyata memiliki beberapa alasannya tersendiri. Mulai dari pola tidur yang berantakan hingga dorongan hormon dalam tubuh.

 

Pola tidur yang berantakan bisa membuat orang mudah lapar di malam hari. Ada juga keterkaitan hormon dengan nafsu makan di malam hari.

Dilansir dari berbagai sumber berikut faktor penyebab seseorang terbangun tengah malam.

 

1. Bermain Ponsel sebelum tidur

           

sumber by : ro.today

Ponsel dan layar TV dapat memancarkan Blue Light, spektrum cahaya yang mampu meningkatkan kewaspadaan. Cahaya ini bermanfaat jika digunakan disiang hari.

Namun, menatap Blue Light  pada ponsel di malam hari bisa menekan produksi hormon melatonin. Akibatnya, siklus dan kualitas tidur akan terganggu, sehingga penting untuk mematikan TV dan berhenti membuka ponsel sekitar 2 hingga 3 jam sebelum tidur.

 

 2. Banyak minum air sebelum tidur

           

Sumber by : www.justfly.com

Untuk memenuhi asupan air harian, lebih baik meminum sebagian besar air di siang hari dan kurani asupan air sebelum tidur. Kebanyakan laki-laki akan terbangun di malam hari karena keinginan buang air kecil, sehingga jam tidur yang tadinya normal menjadi terganggu karena buang air kecil.

 

3.  Mengonsumsi kafein,nikotin dan alkohol

           

Sumber by : www.kinopoiska.com

Kafein selain membuat lebih sulit untuk tidur, juga membuat tidur menjadi tidak konsisten.

Zat ini paling kuat bekerja pada kisaran satu jam setelah dikonsumsi. Kekuatan kafein akan berkurang sekitar 50% setiap empat hingga enam jam.

Dianjurkan untuk menghindari segala jenis kafein paling tidak 10 jam sebelum tidur.

 

4. Makan Sebelum Tidur

 

Sumber by : humairoh.com

Kebiasaan makan sebelum tidur dapat mempersulit tidur. Makan sebelum tidur akan membebani pencernaan dan membuatnya sulit untuk beristirahat.

 Penting untuk menghindari makanan pedas tiga jam sebelum tidur, makanan berlemak tinggi, tinggi protein atau yang sulit dicerna oleh tubuh.

 

5. Kelaparan

           

Sumber by : otolibs.com

Sebagian orang dapat terbangun dari tidurnya ditengah malam hanya karena merasa lapar. Namun, faktor ini seharusnya tidak menjadi alasan untuk mengonsumsi makan malam terlalu banyak demi mencegah lapar ditengah malam. Makanlah secukupnya dan makan makanan bernutrisi tinggi dengan menghindari junkfood serta berfokus pada makanan kaya serat agar efek kenyangnya tahan lama.

 

Nah, itu dia beberapa faktor penyebab kondisi seringnya terbangun di tengah malam. Ketahui apa yang menjadi sebab utamanya, lalu atasi sesuai penyebabnya tersebut supaya tubuh tetap sehat dan kualitas tidur dapat diperbaiki.

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada