Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

KAMU SUKA MASUK ANGIN ??? CEK INI TIPSNYA

Kamis, 04 November 2021 | 12:58 WIB Last Updated 2021-11-04T05:58:54Z



Apa itu masuk angin? Masyarakat Indonesia pasti kenal dengan istilah masuk angin. Dalam dunia kedokteran, masuk angin adalah mitos, namun masuk angin bisa di definisikan sebagai penyakit yang mempunyai gejala seperti pegal-pengal, perut kembung, pusing, merasa kedinginan, batuk, flu, meriang, dan gejala demam lainnya

Istilah masuk angin tidak ada dalam literatur kedokteran, jadi masuk angin hanya istilah orang Indonesia menyebut kumpulan gejala tadi. Jadi, apa bila seseorang mengalami gejala-gejala tersebut, berarti orang itu menganggap bahwa dirinya sedang masuk angin. Karena gejalanya bermacam-macam, cara penanganannya pun beragam, tidak bisa disamakan satu dengan yang lainnya.


Kenapa orang bisa masuk angin? Kondisi tubuh yang di gambarkan seseorang ketika mengalami masuk angin pun hampir sama dengan kondisi tubuh saat sedang mengalami demam ringan. Masuk angin dapat desebabkan oleh beberapa hal, seperti paparan udara yang ekstrim, cuaca yang tidak menentu, kehujanan, atau kelelahan setelah beraktivitas atau bekerja, dan kondisi kekebalan tubuh yang menurun hingga dapat menyebabkan virus atau bakteri mudah masuk dan menginfeksi tubuh manusia.




Biasanya, apabila seseorang sudah mengalami masuk angin, maka orang Indonesia percaya, cara mengobatinya adalah dengan kerokan katanya, supaya anginnya keluar. Namun sayang, medis mempunyai sudut pandang yang berbeda. Kenapa? Dikarenakan kerokan tidak dapat membantu dan malah membuka pori-pori kulit, apalagi saat sedang mengalami perut kembung, kerokan jadi tidak membantu sama sekali karena hanya dilakukan pada bagian kulit.

 

Untuk membantu meringankan gejala masuk angin, kalian juga bisa menggunakan balsam dengan kandungan camphor, eucalyptus oil dan menthol, dengan diusapkan pada dada, leher, dan punggung. Kalian juga bisa, mencampurkan dua sendok the balsam atau eucalyptus oil denan air hangat dan menghirup uapnya. Nah, pastinya kalian gamau kann mengalami gejala masuk angin? Ini ada beberapa tips untuk mencegah masuk angin:


1.      Konsumsi cairan dengan cukup




 

Cairan sangat penting bagi tubuh manusia, terutama yang berasal dari air putih. Tanpa cairan, tubuh akan dehidrasi, lemah, dan kesehatan pun akan terganggu. Itulah sebabnya banyak pakar yang menyarankan untuk meminum air putih setidaknya 8 gelas per hari guna memenuhi kebutuhan cairan tubuh.

 

Perbanyak minum air putih, jus buah, sup berkaldu, atau air lemon hangat dengan madu. Dengan kalian rutin menambah cairan tubuh, maka akan membantu meningkatkan dan memperkuat sistem imun tubuh, supaya tubuh tidak mudah terinfeksi dengan virus dan bakteri. Dengan mengonsumsi cairan yang cukup, sistem kekebalan tubuh akan menjadi kuat.

 

2.      Mengonsumsi vitamin




 

Alasan penting mengapa kita membutuhkan suplemen, karena suplemen dapat membantu kita agar terhindar dari ancaman bahan kimia yang berbahaya yang masuk melalui makanan dan minuman serta polusi udara atau obat-obatan. Tidak perlu setiap hari harus mengonsumsi vitamin. Apabila pola makan kalian seimbang dengan standar empat sehat lima sempurna, maka kalian tidak perlu khawatir akan kekurangan vitamin.

 

3.      Mengonsumsi makanan yang sehat, sayuran dan buah-buahan




 

Mengonsumsi makanan bergizi erat kaitannya dengan hidup sehat. Pasalnya, pola makan yang tepat dapat membantu mencapai berat badan ideal dan mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes, kardiovaskular, dan jenis kanker lainnya. Sayuran juga penting, karena mengandung vitamin dan mineral, yang dapat mengatur pertumbuhan dan pemeliharaan tubuh.

 

Buah-buahan juga mengandung banyak vitamin dan serat yang tinggi. Mengonsumsi makanan yang bergizi seimbang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan dapat mecegah datangnya penyakit, jadi yang ngga suka makan sayur, yukk dicobaa, dan rasakan manfaatnya.

 

4.      Jangan beraktivitas dan bekerja terlalu keras




 

Bekerja merupakan sebuah aktivitas yang umum dilakukan oleh manusia untuk mencari rezeki guna mencukupi kebutuhan sehari-hari. Namun, bekerja juga dapat membuat lupa waktu, seperti waktu makan, waktu istirahat, waktu untuk merileks kan tubuh sejenak, karena banyak orang beranggapan bahwa waktu adalah uang.

 

Apabila kita bekerja terlalu keras, maka tubuh akan mudah kelelahan. Maka dari itu kita harus memperhatikan jam kerja dan membatasi aktivitas-aktivitas dengan jadwal yang teratur. Jangan terlalu berlebihan, karena sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

 

5.      Jangan bermain hujan-hujanan




 

Bermain hujan-hujanan sebenarnya adalah hal yang sangat menyenangkan, tapi bukan hujan badai atau hujan petir yaa, bisa-bisa kalian terbang ataupun tersambar gledek nantinya hahaha. Yang namanya hujan-hujanan pasti ngga baik bagi tubuh manusia. Kenapa? Hujan yang turun pertama kali (setelah beberapa waktu tidak hujan), adalah hujan yang berfungsi membersihkan polusi udara.

Polusi udara, debu dan kotoran di udara, akan terbawa bersamaan dengan air hujan, efek untuk badan pun jadi tidak sehat. Salah satu penyakit yang sering menyerang setelah kehujanan adalah pusing atau sakit kepala. Air hujan dapat membuat suhu tubuh menjadi lebih dingin, terutama di bagian kepala. Kondisi ini membuat tubuh mengeluarkan energi lebih besar untuk mengurangi rasa dingin tersebut. Akibatnya, sakit kepala pun muncul.

 

Nah itu tadi beberapa tips mencegah masuk angina atau demam ringan. Tetep jaga stamina tubuh kalian yaa, apalagi saat pandemi covid ini. lebih perbanyak olahraga, makan makanan yang bergizi, dan lakukan pola hidup sehat lainnya. Semoga bermanfaatt!


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada