Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Tips Agar Tidak Mimisan

Senin, 15 November 2021 | 09:54 WIB Last Updated 2021-11-15T02:57:50Z

Apakah anda pernah mimisan? Mungkin hampir setiap orang mengalami mimisan setidaknya sekali seumur hidupnya. Saat anda atau orang lain disekitar anda mengalami mimisan, mungkin anda menyangka mimisan ini disebabkan karena kepanasan. Lebih dari itu, ternyata mimisan bisa disebakan oleh banyak hal, dari yang ringan hingga kondisi yang serius.



Mimisan adalah pendarahan yang mengalir dari bagian dalam hidung. Mimisan bisa terjadi pada semua usia, mulai dari anak-anak sampai orang dewasa. Saat seseorang mimisan, mungkin anda memandangnya sebagai hal yang menakutkan dan berbahaya, tapi umumnya mimisan adalah gangguan kecil.

 

sumber:google

Mimisan dapat dibagi ke dalam dua jenis berdasarkan dari mana pendarahan tersebut berasal, yaitu anterior dan posterior. Mimisan dapat disebakan oleh berbagai hal, mulai dari yang kecil sampai dengan hal yang berhubungan dengan kondisi kesehatan anda. Lapisan hidung anda terdiri dari bamyak pembuluh darah kecil yang mudah pecah, sehingga sangat mudah untuk terjadi pendarahan hidung atau mimisan.


Secara umum, penyebab sering mimisan bisa berbeda-beda antara satu orang dengan orang lainnya. Penyebab sering mimisan bisa dari hal yang kecil atau merupakan tanda dari penyakit tertentu. Penyebab mimisan paling umum adalah karena udara yang kering. Biasanya kondisi ini akan sering lebih terjadi infeksi saluran pernapasan atas dan ketika suhu serta kelembapan naik turun secara drastis. Selain itu, perubahan suhu dari lingkungan luar yang dingin ke dalam rumah yang hangat dan kering akan membuat hidung lebih rentan terhadap pendaharan.


Berikut beberpa tips agar tidak mimisan:


1. Berhati-hati saat mengorek hidung dan tidak mengorek hidung terlalu dalam

 

sumber:google

Kotoran di dalam hidung terkadang memang mengganggu, tapi jika kamu terlalu sering mengorek hidung maka akan rentan terkena penyakit, hidung akan terkontaminasi dan akan mengalami pendarahan yang keluar dari hidung akibat gesekan dari jari anda yang terkena selaput hidung dan memaksa kotoran tersebut keluar.


2. Hindari membuang ingus terlalu kencang

 

sumber:google

Terlalu kencang membuang ingus dapat menimbulkan masalah yang sebenarnya cukup langka. Beberapa kasus yang menghembuskan ingus terlalu kencang, ternyata menghasilkan tekanan yang cukup tinggi. Akibatnya bisa terkena pendarahan pada hidung dan cedera pada rongga mata bisa terjadi.


3. Berhenti Merokok

 

sumber:google

Karena rokok dapat mengurangi kelembapan hidung dan mengurangi risiko iritasi hidung, selain berpengaruh pada Kesehatan hidung, berhenti merokok juga memberi dampak positif pada organ jantung. Setelah berhenti merokok dapat mengurangi risiko berbagai penyakit dari mimisan sampai dengan berbagai penyakit lainnya.


4. Menjaga Kelembapan Bagian Dalam Hidung

sumber:google

 

Sangat penting menjaga kelembapan dalam hidung. Meningkatan kelembapan saat cuaca sangat kering dapat membantu mencegah mimisan. Meningkatkan kelembapan hidung juga dapat membatu gangguan saluran pernapasan, paru-paru, mengurangi gejala gangguan pernapasan bahkan alergi di hidung.


5. Rutin Memeriksa Ke Dokter Saat Mengonsumsi Obat Pengencer Darah

 

sumber:google

Ketika anda mengalami mimisan, anda di sarankan untuk memeriksakan diri ke dokter THT, Beberapa penyakit yang ditandai dengan mimisan dan bisa ditangani oleh dokter THT. Sebab jika terkena mimisan harus ada penanganan dokter jika pendarahanya sudah terlalu parah.


Nah itu dia beberapa tips agar tidak mimisan, mimisan bukanlah hal yang berbahaya tapi terkadang mimisan berlebih juga berakibat fatal pada kesehatan. Lebih baik mencegah daripada mengobati. Semoga membantu.


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada