Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

lapas kelas IIB Bungo mengalami over kapasitas hingga 300% lebih

Selasa, 12 Juli 2022 | 14:42 WIB Last Updated 2022-07-12T07:44:11Z

Gbnews,Bungo-jumlah daya tampung Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II B Bungo, provinsi Jambi mengalami over kapasitas, daya tampung yang seharusnya untuk 156 narapidana, namun kini jumlah penghuni jeruji besi itu telah mencapai lebih dari 3 kali lipatnya, yakni mencapai 478 orang.

Kepala lembaga pemasyarakatan,Ridha Anshari mengungkapkan jumlah narapidana tersebut masih akan terus bertambah seiring beberapa tahanan lain masih berproses hukum.


"Kapasitas LP Bungo ini 156 orang, namun isi di dalam lapas pada saat ini berjumlah 478 orang, dan 60% penghuni lapas diantaranya dari kasus Narkoba"ucap Ridha Anshari,saat ditemui di ruangannya, Selasa (12/7/2022).


Guna mengatasi permasalahan over kapasitas ini pihaknya telah melaksanakan program asimilasi bagi warga binaan yang telah memenuhi syarat


"Mengantisipasi over kapasitas solusinya adalah pemerintah ada program asimilasi dari rumah untuk mengurangi kepadatan isi lapas sekaligus mencegah penyebaran COVID-19 dan selanjutnya kita juga mengusulkan untuk memutasi sejumlah narapidana,sementara ini sudah kita usulkan ke kantor wilayah untuk ditindaklanjuti," jelas dia.


Ridha Anshari menambahkan bahwa persoalan over kapasitas ini bukan hanya terjadi di LP Bungo namun banyak lapas di tanah air mengalami persoalan yang sama. Kendati demikian, upaya pembinaan tetap dilakukan secara maksimal.


“Persoalan over kapasitas ini memang banyak terjadi di LP yang ada di Indonesia. Namun secara profesional dan dengan berbagai sarana prasarana termasuk SDM, kita tetap upayakan pelayanan terbaik,” pungkasnya.(Ary)

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada