Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Gubernur Jambi Al Haris, Apresiasi Gebrakan Bupati Bungo

Kamis, 30 Mei 2024 | 20:00 WIB Last Updated 2024-06-10T07:15:46Z

Panen cabai merah Bupati Bungo bersama Gubernur Jambi di Dusun Mangun Jayo,
 foto : gemabungofm.com 


GBNEWS, BUNGO - Usai menanam dan panen raya padi sawah di Dusun Empelu, Kecamatan Tanah Sepenggal, Kabupaten Bungo. Gubernur Jambi Al Haris bersama Bupati Mashuri melanjutkan panen cabai merah.


Panen cabai merah seluas 3 hektar di Dusun Mangun Kayo, Kecamatan Muko-muko Bathin VII, Bungo, Kamis (30/05/2024) siang itu, juga dihadiri para pimpinan Forkopimda Kabupaten Bungo.

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi Al Haris juga menyerahkan alat mesin pertanian berupa Cultivator kepada beberapa kelompok tani.

Bupati Bungo, H.Mashuri menyampaikan  cabai merah merupakan salah satu komoditas penyumbang angka inflasi sehingga diperlukan upaya bersama untuk peningkatan produksinya.

Untuk itu menurut Bupati, pembangunan pertanian sub sektor hortikultura yang salah satu hasil produksinya adalah cabai, juga mempunyai peranan penting dalam rangka mewujudkan stabilitas ekonomi nasional, sehingga harus dilaksanakan secara berkelanjutan

" Dalam rencana kerja pertanian, peningkatan produksi komoditi hortikultara termasuk salah satu prioritas, mengingat jumlah penduduk semakin meningkat yang diiringi dengan kebutuhan yang semakin meningkat pula, sementara tantangan yang dihadapi semakin sulit mulai dari harga benih, harga pupuk dan harga pestisida belakangan ini yang semakin melonjak. Selain itu kondisi cuaca yang kurang mendukung dan meningkatnya hama penyakit tanaman juga merupakan kendala dalam budidaya tanaman hortikultura,” Ujar Mashuri.

Gubernur Al Haris mengatakan upaya yang dilakukan Bupati Bungo Mashuri menekan angka inflasi dengan gerakan tanam cabai merah merupakan inovasi yang patut diapresiasi.

Yaitu dengan menyediakan lahan kepada kelompok tani untuk bertanam salah satu kebutuhan dapur tersebut.

“Kita bangga melihat langkah yang diambil Bupati Bungo mendorong kelangkaan cabe di tengah masyarakat, ini inovasi baru. Ia menyediakan lahan untuk kelompok tani bertenam cabe merah,” kata Al Haris.

Al Haris menjelaskan jika setiap daerah di Kabupaten/Kota di Jambi menyediakan lahan yang dikelola kelompok tani untuk bertanam cabai, maka hal tersebut dapat membantu kebutuhan pasokan cabai dan menekan angka inflasi.

“Inovasi ini akan terus kita dorong dan kita bahas di tingkat provinsi, selanjutnya kita juga dorong Kabupaten/Kota lain menyediakan lahan untuk dikelola tanaman yang dapat menekan angka inflasi,” Ungkap Gubernur.(Ary)


×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada