Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

TIPS MEMILIH IKAN SEGAR DIPASAR, SESUAI JENISNYA

Selasa, 14 September 2021 | 10:25 WIB Last Updated 2021-09-14T03:26:28Z

 

  Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (14/09). Mitra Muda Ikan merupakan salah satu jenis makanan penuh nutrisi yang sangat bermanfaat untuk tubuh kita. Selain kaya protein dan gizi di dalamnya, ikan juga bisa diolah dengan berbagai macam hidangan yang nikmat dan menyehatkan. Maka dari itu penting untuk kita mengethaui cara memilih ikan yang baik.

 

 Ikan segar

            

Cara memilih ikan yang segar secara umum bisa dilihat dari bau, insang, daging dan matanya. Dan karakteristik setiao jenis ikan berbeda-beda, kita bisa mengenali cara memilih ikan segar sesuai jenisnya.


1.       Ikan kembung segar : Pupil mata berwarna hitam dan kornea mata jernih


Ikan kembung segar


        Ikan kembung merupakan satu jenis ikan yang bisa diolah menjadi beragam jenis masakan. Selain mudah ditemukan, ikan ini menjadi pilihan karena dagingnya yang tebal dan sedikit duri. Untuk memilih ikan kembung yang segar, pilih ikan kembung dengan mata yang jernig. Yaitu pupil mata berwarna hitam dan kornea mata jernih. Selanjutnya, tekstur ikan yang segar cendrung elastis dan padat.ikan yang segar berlendir tipis, bening,dan cerah.


2.       ikan salmon segar : Aromanya segar sepeti air laut


Ikan salmon segar

        Aroma ikan salmon yang segar terasa seperti air laut, yakni asin segar tanpa bau amis. Kita juga bisa mengetahui ciri ikan salmon yang segar dengan menekan dagingnya. Jika setelah ditekan kemudian balik lagi, maka itu menandakan ikan dalam keadaan segar.


3.        Ikan tuna segar : Daging berwarna kemerahan dan tampak segar


Ikan tuna segar

        Sebagai sumber omega-3 yang baik untuk Kesehatan, ikan tuna sering menjadi pilihan untuk menu bayi. Cara memilih ikan segar untuk bayi harus berhati-hati. Perhatikan warna ikan sebelum membeli. Daging ikan tuna yang berkualitas berwarna kemerahan dan tampak segar. Jangan memilih ikan yang pucat atau pun kotor. Selanjutnya, pilih ikan tuna yang bertekstur kenyal. Jika kulit terasa kering dan dagingnya lembek, maka sebaiknya jangan dipilih.


4.       Ikan gurami segar : Insang berwarna merah hati


Ikan gurami segar

        Pilih gurami yang tidak terlalu besar, sekitar 300-350 gram saja. Selanjutnya, buka insang gurami dan pilih yang insangnya berwarna merah hati. Mata yang masih segar cembung dan menonjol keluar, tidak layu. Untuk dagingnya, jangan pilih yang lembek, pencet daging dan pilih daging yang bertekstur.

5.  

    IiIkan tongkol segar : Baunya tidak tercampur dengan aroma tengik


        Kita tentu tak ingin mengonsumsi ikan tongkol yang sudah basi. Cara memilih ikan tongkol yang segar, pertama ikan toingkol yang segar tidak tercampur dengan aroma tengik. Dan cara memilih ikan segar tanpa pengawet jika dipasaran adalah lalat yang berkerumun tal terlalu banyak, berbeda seperti ikan berformalin yang jarang dikerumuni lalat.


6.      Ikan tenggiri segar : Warna kulit ikan cerah dan berkilau

Ikan tenggiri segar

        Ciri-ciri ikan yang tenggiri segar warna kulit cerah dan berkilau dan mata ikan cendrung jernih dan cembung menonjol. Daging ikan juga terasa keras saat ditekan.jika ingin membeli ikan yang masih utuh, pilih ikan yang sisiknya tidak banyak terlepas ya.

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada