Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Dukung masyarakat pulau Rempang, Masyarakat Melayu Jambi gelar Aksi solidaritas

Jumat, 15 September 2023 | 19:27 WIB Last Updated 2023-09-16T03:12:02Z

Aksi solidaritas masyarakat Jambi tolak psn eco City. Foto : gemabungofm.com 


GBNEWS, JAMBI - Puluhan Masyarakat adat Melayu di Jambi menggelar aksi solidaritas dan do'a bersama untuk masyarakat Pulau Rempang dan Galang, Kepulauan Riau. Massa aksi ini menolak rencana relokasi terkait proyek strategis nasional (PSN) Eco City.


Massa aksi ini membentangkan spanduk di Tugu Keris Siginjai, Kota Jambi, Jumat (15/9/2023) sore. Para massa aksi pun silih berganti berorasi menyuarakan solidaritas untuk warga di Kepulauan Riau tersebut.


Hafis Alatas, koordinator aksi, mengatakan PSN Eco City dapat mengancam ruang hidup masyarakat di Pulau Rempang dan Galang. Karena itu, kelompok masyarakat Melayu Jambi meminta pemerintah untuk meninjau kembali proyek tersebut.


"Kita meminta kepada Pemerintah Republik Indonesia agar meninjau atau mengkaji kembali keputusan yang akan diambil. Agar keputusan yang diambil bisa adil untuk masyarakat," Ujarnya.


Ia mendapatkan kabar bahwa sejumlah tokoh masyarakat di Pulau Rempang dan Galang sudah ditangkap dan sedang diperiksa.


"Tokoh-tokoh masyarakat di sana diamankan dan lagi diperiksa. Ini kita meminta secara kemanusiaan agar diambil keputusan yang terbaik," katanya.


Aksi solidaritas ini selain didorong rasa kemanusiaan, juga diperkuat dengan sentimen kesukuan. Masyarakat Melayu di Jambi mempunyai hubungan dengan masyarakat Melayu Pulau Rempang secara historis.


Hafis mengatakan pihaknya akan terus memantau persoalan proyek nasional dan rencana relokasi warga tersebut. Bila keputusan yang diambil tetap merugikan masyarakat di Pulau Rempang dan Galang, masyarakat Melayu Jambi akan kembali menggelar aksi.


Masyarakat Melayu Jambi pada dasarnya mendukung semua kebijakan dan program pembangunan yang dilakukan pemerintah selama sejalan dengan hak asasi manusia.
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada