Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Di depan ribuan Mahasiswa, Capres Anies Baswedan berjanji tuntaskan pertambangan ilegal

Kamis, 14 Desember 2023 | 18:10 WIB Last Updated 2023-12-18T07:01:03Z

Capres Anies Baswedan saat berdialog dengan mahasiswa. Foto : gemabungofm.com/Ary


GBNEWS, JAMBI - Calon Presiden Anies Baswedan dari nomor urut 1 berjanji akan memberantas penambangan emas dan minyak ilegal yang berada di Jambi.


Setelah kunjungan di pasar Angso duo, Anies menemui ribuan mahasiswa di Abadi Convention Center (ACC), Kamis (14/12/2023) untuk berdialog dengan tajuk 'Tanyo Bang Anies'.

Di sana Capres Anies berdialog dengan kalangan generasi Z dan BEM se-Provinsi Jambi

"Saya sudah berkomitmen untuk memberantas semua kegiatan ilegal, semua itu harus diberikan sanksi tegas dan dihukum," kata Anies.

Ia mengatakan, pemberantasan kegiatan ilegal memang harus menjadi prioritas, karena dampaknya merugikan masyarakat bahkan negara.

Pernyataan Anies merespons pertanyaan mahasiswa yang mengeluhkan banyak aktivitas penambangan ilegal yang tidak tersentuh hukum.

Padahal tambang ilegal telah mencemari Sungai Batanghari dengan paparan merkuri. Selanjutnya pencemaran tanah dan air yang menjadi penunjang kehidupan masyarakat.

Pertambangan ilegal bahkan telah masuk ke hutan lindung bahkan taman nasional. Pertambangan emas ilegal telah menyebar ke 6 kabupaten di Jambi yakni Sarolangun, Merangin, Kerinci, Bungo, Tebo, dan Batanghari.

Sementara untuk pertambangan minyak ilegal berada di tiga kabupaten yakni Muarojambi, Batanghari, dan Sarolangun.

Menurut data KKI Warsi tahun 2022, total 45.896 hektar lokasi penambangan emas ilegal yang tersebar di enam kabupaten di Jambi.

Total luas areal penambangan emas ilegal meningkat dibanding tahun 2021 yaitu, 42.361 hektar atau naik 3.535 hektar, dan naik 8 persen dari tahun sebelumnya.



Reporter : Ary 
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada