Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Tips Agar Tidak Mudah Lelah Dan Mengantuk

Kamis, 11 November 2021 | 12:31 WIB Last Updated 2021-11-11T05:42:06Z
Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (11/11) Mitra Muda – Kalian pernah ga sihh? Pas lagi enak-enaknya main, lagi ada kerjaan padat, atau pas lagi beraktivitas, ngerasa ngantuk, lelah, pokoknya capek banget. Padahal kita merasa bahwa kita sudah istirahat cukup sebelum melakukan aktivitas, kira-kira apa yang masih belum cukup ya? Ada beberapa kondisi fisiologis yang dapat menyebabkan rasa mengantuk terus-menerus meski Anda merasa sudah merasa cukup tidur. 

Beberapa kondisi yang dimaksud, misalnya anemia, hipotiroid, dan sleep apnea. Jadi apa sih penyebab kondisi badan mudah lelah dan mengantuk? Rasa kantuk atau lelah setelah beraktivitas seharian sebenarnya wajar dirasakan oleh siapa saja. Apabila rasa kantuk tersebut tetap dirasakan meski sudah cukup istirahat, bisa jadi ada sesuatu yang salah dengan tubuh Anda.


sumber:google


Secara psikologis, mengantuk dapat disebabkan karena kondisi pikiran yang stress, syok emosional , depresi, dan kecemasan berlebih. Secara fisiologis mudah mengantuk dapat disebabkan karena faktor kehamilan, obesitas, keracunan karbon monoksida, dan efek samping obat. Gaya hidup yang kurang sehat pun bisa berpengaruh, seperti saat kalian kurang berolahraga.


Kebanyakan orang menganggap kantuk di siang hari bukanlah sebuah masalah besar. Tetapi jika rasa kantuk tersebut terus berlangsung dan mengganggu kehidupan sehari-harimu, mungkin sudah saatnya kamu harus memeriksakannya Banyak faktor yang dapat menyebabkan rasa kantuk dan kelelahan sepanjang hari.

 Mungkin saja tidak cukup tidur karena masalah kesehatan yang mendasarinya, seperti sleep apnea atau narkolepsi. Berikut ini adalah tujuh alasan lainnya yang bisa menyebabkan seseorang merasa ngantuk dan kelelahan sepanjang hari. Nah, ada beberapa tips yang jangan sampai kalian lewatkan, karena ini penting banget buat kalian yang gampang ngantuk, yuk, mari kita simak: 

1. Jangan Terbiasa Melewatkan Waktu Makan


sumber:google

Kesenjangan panjang diantara waktu makan dapat menyebabkan gula darah turun dan dapat mengurangi energi yang dibutuhkan tubuh. Penting untuk tidak melewatkan waktu makan. Bahkan, kalian juga harus makan camilan penambah energy yang sehat di antara waktu makan, terutama ketika kalian meras lelah. Pilihan camilan sehat termasuk pisang, selai kacang, kerupuk gandum protein bar, buah kering dan kacang-kacangan.

 2. Lengkapi Kebutuhan Vitamin


sumber:google


 Dokter dapat merekomendasikan untuk mengonsumsi suplemen. Kamu juga dapat meningkatkan asupan makanan tertentu untuk memperbaiki kekurangan secara alami. Misalnya, makan kerang, daging sapi, dan hati dapat membalikkan definisi b-12. Merasa lelah sepanjang waktu juga bias menjadi pertanda kekurangan vitamin. Hal ini bisa termasuk rendahnya tingkat vitamin D, vitsmin B-12, zat besi, magnesium, atau kalium. Tes darah rutin dapat membantu mengidentifikasi kekurangan vitamin apa yang kamu alami. 

3. Jaga Pola Tidur, Kurangi Begadang

sumber:google

 Begadang merupakan kebiasaan yang buruk bagi kesehatan tubuh karena dapat mengurangi tingkat energimu. Lakukan kebiasaan tidur yang lebih baik untuk meningkatkan energimu. Sebagian besar orang dewasa membutuhkan waktu antara tujuh dan Sembilan jam tidur setiap malamnya. Tidurlah lebih awal dan ambil langkah-langkah untuk meningkatkan kualitas tidur seperti tidur di kamar yang gelap, tenang, dan nyaman. Hindari aktivitas bermain smartphone atau menonton TV satu jam sebelum tidur.

 4. Hindari Pola Hidup Yang Kurang Berolahraga 

sumber:google

 Selain asupan makanan, aktivitas juga dapat meningkatkan energy seseorang. Gaya hidup yang kurang sehat dapat berpengaruh bagi daya tahan tubuh. Gaya hidup yang tidak aktif mempengaruhi perasaan kelelahan pada wanita. Wanita yang kurang duduk memiliki tingkat kelelahan yang jauh lebih rendah. Ini menyatakan bahwa peningkatan aktivitas fisik berkontribusi pada lebih banyak energy dan tenaga. 

5. Hindari Depresi 

sumber:google

 

 Ketika kalian merasakan depresi, tidak hanya akan berdampak buruk pada mental, namun juga akan berpengaruh pada kondisi tubuh kalian. Kelelahan yang berlebih adalah salah satu akibatnya. Dokter meresepkan obat anti depresan atau anti kecemasan kepada pasien yang sedang depresi. Kalian juga akan mendapat manfaat dari konseling kesehatan mental. Jika kalian mengalami depresi, maka bicarakan dengan dokter dan diskusikan pilihan perawatannya. 

Nah itu dia beberapa tips yang dapat kamu tekuni dalam kehidupan sehari-hari. Tetep jaga kondisi tubuh kalian, pikirkan hal” yang positif, dan tetap kalian harus istirahat yang cukup, dan kurangi begadangnya yaa, semoga bermanfaatt!
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada