Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Hadiri kegiatan FGD,Bupati Bungo sampaikan pesan ini ke peserta

Selasa, 27 September 2022 | 11:56 WIB Last Updated 2022-09-27T05:03:24Z

Gbnews,Bungo-Bupati Bungo hadiri dan membuka Secara langsung Focus Group Discussion (FGD) yang diinisiasi Oleh Dinas lingkungan hidup kabupaten Bungo,kegiatan ini dilaksanakan di gedung Bappeda,Selasa(27/09/2022)

FGD mengangkat tema ”Penyusunan Kajian lingkungan hidup strategis (KLHS) rencana tata ruang wilayah (RTRW) Kabupaten Bungo 2022-2042" dengan menghadirkan narasumber  tenaga ahli validasi dari Universitas Jambi (Unja).


Giyatno,S.Sos.,M.Si selaku Plt Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bungo dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat datang kepada seluruh peserta dan meminta kepada peserta FGD untuk mengikuti dengan baik.


"Dalam FGD ini perlunya identifikasi yang benar-benar matang karena akan menentukan ke depan dalam penyusunan Perda Bungo tentang Rencana tata ruang wilayah (RTRW) dan KLHS (Kawasan lingkungan hidup strategis) dua puluh tahun yang akan datang,maka beberapa hal yang harus diperhatikan tentang isu dan potensi permasalahan serta usulan program dari Kabupaten Bungo,"Ucapnya


Giyatno juga menguraikan Beberapa identifikasi yang perlu di perhatikan antara lain:Sektor lingkungan hidup(udara, air,tanah tanah,lahan) biodiversitas,Iklim,infrastruktur
(air bersih,jalan,telekomunikasi,listrik,air limbah, drainase,air minum dan persampahan)
Perekonomian (wisata,perdagangan,hotel, UMKM,Industri),Kelembagaan dan Sosial Kependudukan Sarana ( kesehatan,pendidikan, pasar,RTH)Pertanian,Perkebunan dan kehutanan.


"Hal tersebut tidak akan lepas dari keterlibatan masyarakat,tujuan pelibatan masyarakat adalah membuka kesempatan masyarakat untuk terlibat dalam merumuskan isu pembangunan berkelanjutan dan pengambilan keputusan,"Jelasnya.


Sementara itu Bupati Bungo H.Mashuri menyambut baik dengan terlaksananya kegiatan Focus group discussion (FGD), dirinya berharap melalui FGD ini dapat terbangun kesamaan persamaan persepsi.

"Seperti kita ketahui,melalui FDG ini kita bisa bersama untuk melaksanakan penyusunan kajian ulang lingkungan hidup,karena di daerah kita ini sangat banyak potensi alam yang perlu kita jaga bersama,”Ungkap Bupati.


Disamping itu,berbagai warisan dan keragaman mempunyai potensi yang sangat luar biasa menjadi keunggulan tersendiri atas kekayaan alam yang ada di Kabupaten Bungo sehingga nantinya bisa bersaing di kancah nasional maupun di kancah internasional.


“Penetapan dan pengelolaan potensi ini tentu membutuhkan peran dari stakeholder yang terwakilkan oleh Kepala OPD,Kabag dan camat, sejalan dengan itu,maka saya mengajak seluruh yang hadir disini untuk berperan aktif dalam mengkaji ulang lingkungan hidup ini,”Tegasnya.

(Ary)

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada