Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Kembali torehkan Prestasi, Bupati Bungo terima penghargaan dari Kemenkes RI

Rabu, 06 Maret 2024 | 12:25 WIB Last Updated 2024-03-06T05:52:15Z

Penghargaan dari Kemenkes RI sebagai daerah bebas Frambusia kepada Bupati Bungo. Foto : gemabungofm.com/Ary 


GBNEWS, BUNGO - Kabupaten Bungo merima penghargaan sebagai daerah bebas frambusia dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) RI.


Penghargaan itu diberikan dalam bentuk sertifikat Eradikasi Frambusia atau bebas frambusia yang diserahkan langsung oleh Menkes Budi Gunadi Sadikin kepada Bupati Bungo H. Mashuri, Jakarta (06/03/2024). 

Diketahui, penyakit frambusia adalah penyakit kulit menular menahun yang kambuhan. Penyebab penyakit frambusia adalah kuman Treponema Pertenue, yang dimana kulit mengalami infeksi akibat bakteri tersebut. Penyakit ini dapat tumbuh dan berkembang di daerah yang tropis, panas, dan hujan. 

Selain itu, kebersihan lingkungan merupakan faktor penting pada penyakit ini. Pada penyakit ini bakteri tidak dapat menembus kulit utuh, akan tetapi masuk melalui luka lecet, goresan, atau luka infeksi kulit lain. frambusia merupakan salah satu penyakit menular yang berisiko pada cacat penampilan fisik dan gangguan sosialisasi.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bungo, dr. Safarudin Matondang mengatakan

"Melalui evaluasi yg dilakukan oleh tim kemenkes dan WHO didampingi tim Dinkes Provinsi, mengemukakan bahwa penyakit frambusia tidak berkembang lagi di kabupaten Bungo, artinya kabupaten Bungo ditetapkan sebagai kabupaten Bebas Frambusia 2023." Kata Kadinkes Bungo.

Sementara itu, Bupati Bungo H Mashuri menyampaikan terimakasih atas apresiasi yang telah diberikan oleh Kemenkes RI.

“Alhamdulillah, ini berkat kerja keras kita semua nakes, fasyankes, bersama seluruh lapisan masyarakat, sehingga eradikasi frambusi di Bungo dapat kita wujudkan," ujar Bupati

Menurut Mashuri, frambusia merupakan penyakit kulit yang cukup berat, satu penyebabnya adalah Prilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) yang tidak baik. Untuk menekan penyebaran penyakit ini, Pemkab Bungo melalui Dinas Kesehatan dan Puskesmas - puskesmas senantiasa memberikan edukasi, penyuluhan hingga survei tentang perbaikan sanitasi dan lingkungan yang sehat serta program lainnya yang mendukung PHBS. 


Reporter : Ary 
×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada