SELAMAT HARI KEBEBASAN PERS SEDUNIA DENGAN TEMA "INFORMASI SEBAGAI BARANG PUBLIK"



GemaBungoFM, Muara Bungo (03/05) Mitra muda- Hari ini wartawan seluruh Indonesia dan seluruh dunia memperingati Hari Kebebasan Pers Sedunia ( World Press Freedom Day) diperingati setiap Tahunnya yang jatuh pada tanggal 3 mei. Tujuan hari ini diadakan adalah untuk merayakan hari kebebasan pers dunia,dan menyuarakan perlindungan media dari ancaman atas kebeasan mereka,serta untuk mengenag para jurnalis yang kehilangan nyawa dalam bertugas.

 

Sejarah mencatat Hari Pers Sedunia ini bermula pada tahun 1993 pada sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) hal ini telah tertuang pada pasal 19 Pernyataan umum tentang Hak-Hak Asasi Manusia.

 

Sedangkan di Indonesia sendiri Hari Kebebasan Pers Sedunia diawali pada tanggal 23 September 1999 yang disahkan langsung oleh Presiden BJ Habibie sekaligus mengesahkan UU No. 4 Tahun 1999, dan mencabut wewenang pemerintah dalam menyensor dan membredel pers. Akan tetapi kenyataanya profesi jurnalis masih menjadi salah satu profesi yang paling terancam di Indonesia.

 




Audrey Azoulay selaku Direktur Jendral UNESCO mengatakan tema Hari Kebebasan Pers Sedunia tahun ini “Informasi Sebagai Barang Publik” bahwa betapa pentingnya Informasi  yang terverifikasi dan andal yang tak terbantahkan.hal ini menekankan pada peran penting jurnalis yang bebas dan professional dalam memproduksi dan menyebarkan informasi dengan menangani misionformasi dan konten berbahaya lainnya.

 

Untuk menggaris bawahi pentingnya informasi dalam lingkungan media online maka ada 3 perihal utama:

 

1.      Langkah-langkah untuk memastikan kelangsungan ekonomi media berita

2.      Mekanisme untuk memastikan trasparansi perusahaan internet

3.      Peningkatan kapasitas literasi media dan informasi (MIL) agar masyarakat bias mengenal,menghargai,mempertahankan dan menuntut. Jurnalisme sebagai bagian penting dari informasi sebagai barang publik




(Ndy)

Lebih baru Lebih lama