Notification

×

Iklan


 

Iklan

gbmobilelogo

Indeks Berita

Perkembangan Jenis-Jenis Jaringan Seluler Dari Generasi ke Generasi

Selasa, 26 Oktober 2021 | 12:26 WIB Last Updated 2021-10-26T05:26:43Z

 


    Radio Gema BungoFM, Muara Bungo (26/10) Mitra Muda –
Berbicara soal jaringan ponsel, harus menilik pada teknologi pertama yang digunakan, yakni teknologi jaringan radio atau disebut dengan 0G. Teknologi ini merupakan teknologi radio mobile yang menjadi cikal bakal lahirnya teknologi seluler.

 

    Teknologi 0G adalah teknologi radio terbuka yang tujuannya untuk komersial. Dalam jaringan 0G, terdapat beberapa teknologi yang disebut Push to Talk, Mobile Telephone System, Improved Mobile Telephone Service, dan Advanced Mobile Telephone System. Salah satu penggunaan teknologi ini adalah layanan telepon dari perusahaan Motorola dan Bell System di Amerika pada 1946.


    Seiring berjalananya waktu, teknologi jaringan pun berkembang sampai dikenal pada era jaringan cepat, ketika ponsel jadi teman semua orang. Lantas, seperti apa perkembangan teknologi seluler ini? Dan mengapa ada banyak ponsel yang mendukung berbagai jaringan seluler terkini? Untuk menjawabnya, simak penjelasan dari tipe-tipe jaringan seluler dari generasi pertama sampai ke generasi terbaru berikut ini.

 

1.  1G


    Teknologi 1G ini hadir menggunakan jaringan yang memakai sistem analog. Istilah lainnya disebut AMPS atau Advanced Mobile Phone System. Teknologi 1G pertama kali dipakai pada 1970, ketika teknologi mikroprosesor ditemukan untuk kebutuhan teknologi komunikasi nirkabel. Teknologi 1G ini hanya bisa mengirimkan data dalam bentuk suara saja.

 

2.   2G

 

    Sistem jaringan analog sudah mulai ditinggalkan ketika teknologi telepon seluler memasuki generasi ke dua, yakni jaringan 2G. Teknologi ini diperkenalkan secara komersil pertama kali oleh Radiolinja pada 1991. Radiolinja sendiri merupakan operator GSM Finlandia yang didirikan pada 19 September 1988.

Pada generasi kedua ini lah, ponsel berevolusi. Dengan jaringan 2G, ponsel tidak hanya mendukung teknologi pengiriman suara tetapi juga teks atau yang kemudian disebut sebagai SMS ( Short Message Service )


    Generasi kedua ini menghasilkan beberapa teknologi jaringan. Teknologi jaringan yang cukup terkenal adalah GSM dan CDMA. Masyarakat indonesia dengan mudah mengenali dua jaringan ini katena saat itu ada operator Seluer yang beroperasi menggunakan GSM (Global System of Mobile) dan ada yang berjalan di CDMA ( Code Division Multiple Access ).


3.   2,5 G


    Teknologi ini memungkinkan komunikasi tidak hanya berupa suara dan pesan saja, tetapi juga berupa data sebesar 153kbps. Layanan MMS ( Multimedia Message Service ) adalah salah satu contoh dukungan dari hadirnya teknologi 2,5G ini. Jaringan 2,5G sendiri terkenal dengan dua tipe jaringan, yaitu :

    

     ­­- GPRS (Global Package Radio Service)

            Layanan ini adalah teknologi pengiriman dan penerimaan data yang berkaitan dengan internet, seperti email dan data gambar dengan kecepatan 56 kbps. Teknologi ini populer di indonesia pada awal 2000-an

    -EDGE (Enhanced Data rates for GSM Evolution)

            Teknologi ini merupakan perkembangan dari GPRS sehingga kadang EDGE disebut juga sebagai teknologi jarinan 2,75G yang mampu mengirim data mencapai 236 kbps

 

4.   3G



    Teknologi jaringan 3G adalah evolusi jaringan seluler yang perkembangannya cepat dibandingkan dengan dua generasi sebelumnya. Pasalnya, di generasi ketiga inilah, telepon seluler kini bisa digunakan untuk mengakses internet dengan nyaman, termasuk untuk mengakses video.

Kehadiran jaringan 3G membuat telepon seluler kini bisa dipakai untuk kirim email lebih cepat, kirim pesan instan, menonton video, bahkan teknologi untuk video call. Karena fungsinya yang bisa dipakai untuk internetan, jaringan 3G ini disebut sebagai Mobile Broadband

 

5.   4G (LTE)

        



    Teknologi jaringan seluler generasi keempat adalah 4G LTE (Long Term Evolution) yang mengacu pada evolusi peningkatan jaringan GSM/EDGE dan UMTS/HSPA yang memiliki kecepatan data sampai 100Mbps, bahkan lebih. Jaringan 4G LTE ini memiliki spektrum yang berbeda dengan jaringan 2G dan 3G.


Karena hal tersebutlah, pengembangan 4G LTE di indonesia cukup lambat karena penerapannya sedikit berbeda jika dibandingkan ketika operator beralih dari 2G ke 3G. Namun, jaringan ini sudah menjamur ke berbagai wilayah di indonesia.


6.   5G



    Teknologi jaringan seluler generasi kelima adalah 5G. Teknologi ini adalah teknologi jaringan seluler yang menggantikan 4G. Kecepatannya sudah memakai ukuran Gbps bukan Mbps lagi. Bayangkan, 4G LTE yang sekarang digunakan saja sudah sangat cepat dengan kecepatan Mbps, apalagi 5G.

Jaringan ini didasarkan pada teknologi yang disebut Orthogonal frequency-division mutiplexing  atau disingkat OFDM. Teknologi ini merupakan sebuah metode modulasi sinyal digital di saluran kanal yang berbeda untuk mengurangi gangguan sinyal

 

Nah, itu dia jenis-jenis jaringan seluler dari generasi ke generasi yang perlu kalian tahu, semoga dengan adanya artikel seperti ini bisa menambah wawasan terkait perkembangan jaringan.



*In

×
Berita Terbaru Update
close
Streaming Persada